Dahsyat! Ini 17 Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

- 27 Juni 2024, 08:30 WIB
Wajib Tahu!! Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan Tubuh
Wajib Tahu!! Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan Tubuh /

PRIANGANTIMURNEWS- Nama tanamana kumis kucing, mungkin sudah sering anda dengar. Namun kemungkinan ada juga yang belum tahu wujud tanaman tersebut dan apa manfaatnya bagi kesehatan.

Dilansir dari jambiprov.id, kumis kucing merupakan anggota keluarga Lamiaceae dan banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Java, Sumatra, dan Kalimantan.

Nama tanaman ini tidak lepas dari bentuk daunnya yang menyerupai kumis kucing. Dalam bahasa ilmiah, kumis kucing dikenal sebagai Orthosiphon Aristatus. Tanaman ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Baca Juga: Tegas! Kapolres Tasikmalaya Kota Tidak Akan Mentolerir Personel Menggunakan Aplikasi Permainan Online

Kumis kucing kaya akan senyawa-senyawa berkhasiat seperti Flavonoid, termasuk sinensetin, eupatorin, dan salvigenin, menjadi komponen utama yang memberikan sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Sementara asam klorogenat, senyawa fenolik lainnya, tidak hanya memberikan efek antioksidan, tetapi juga terkait dengan potensi manfaat untuk kesehatan jantung dan pengobatan diabetes.

Minyak atsiri, yang memberikan aroma khas pada kumis kucing, tidak hanya bersifat antispasmodik tetapi juga diuretik. Senyawa tanin dalam tanaman ini memberikan sifat antiseptik dan astringen, membantu melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Kumis kucing juga kaya akan mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Baca Juga: Sambut HUT ke 78 Bhayangkara,Polri Gelar Bakti Sosial Kesehatan se Indonesia, Serahkan Kaki Palsu

Berikut ini manfaat dari kumis kucing untuk kesehatan.

1. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah