Bagaimana Agar Tidak Mabuk saat Mudik Idulfitri, 5 Tips Ampuh Cegah Mabuk

- 9 April 2024, 04:00 WIB
ilustrasi mabuk saat perjalanan mudik lebaran
ilustrasi mabuk saat perjalanan mudik lebaran /

PRIANGANTIMUR NEWS- Mudik menjadi tradisi tahunan masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Namun, tidak sedikit orang yang masih sering mengalami mabuk perjalanan saat berpergian dengan menggunakan mobil, kapal laut maupun pesawat terbang.

Kondisi ini disebabkan otak Anda tidak dapat memahami sinyal yang dikirimkan oleh telinga, mata, dan bagian tubuh lainnya. Biasanya mereka yang mengalami mabuk perjalanan akan mengalami beberapa gejala seperti berkeringat, sakit perut, mual, atau muntah.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (7/4/2024), ada lima cara ampuh mencegah mabuk perjalanan:

Baca Juga: Penetapan Idul Fitri, Kemenag Bakal Gelar Sidang Isbat 9 April 2024

1. Hindari Makan Sebelum Perjalanan
Makan atau minum tepat sebelum naik mobil atau makan dan minum dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kemungkinan Anda mabuk perjalanan. Hal ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan dapat menyebabkan mual bahkan muntah.

2. Pilih Pengharum Mobil yang Tepat
Bau yang menyengat juga dapat menyebabkan muntah atau memicu mabuk perjalanan. Di sisi lain, beberapa wewangian atau diffuser dapat menenangkan pikiran. Luangkan waktu Anda untuk menemukan aroma untuk mobil yang tidak membuat Anda tidak nyaman.

3. Pilih Tempat Duduk yang Tepat
Kursi tengah atau hanya kursi belakang dapat menyebabkan mabuk perjalanan. Duduk di kursi penumpang depan telah terbukti menjadi pilihan terbaik bagi penderita mabuk perjalanan.

4. Hindari Aktivitas dengan Konsentrasi Tinggi
Membaca buku, menggunakan ponsel, dan aktivitas lain yang memerlukan konsentrasi dan fokus mata terus-menerus dapat meningkatkan kemungkinan Anda merasa sakit.

Baca Juga: Dua Tahanan Ditembak Polisi, Melawan Saat Mau Ditangkap

5. Makan Permen Karet
Mengunyah permen karet juga dapat membantu mengurangi dan mencegah mabuk perjalanan. Mengunyah melepaskan bahan kimia tertentu yang mungkin membantu Anda tetap terganggu.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x