Mengenal Sosok RA Kartini, Pahlawan Emansipasi Selamatkan Perempuan Indonesia

- 21 April 2024, 07:30 WIB
Ilustrasi foto RA Kartini
Ilustrasi foto RA Kartini /

PRIANGANTIMURNEWS - Tanggal 21 April merupakan hari kelahiran RA Kartini. Pada tanggal tersebut masyarakat khususnya kaum perempuan memperingati hari Kartini.

Kartini merupakan sosok perempuan yang gigih dan berani. Dia memperjuangkan hak hak perempuan agar sederajat dengan kaum pria.

Dan berkat perjuangan itu, kini harkat dan martabat seorang perempuan pun bisa terangkat.

Baca Juga: Kebakaran di Aceh Besar Hanguskan Lima Rumah, Satu Kios dan Mobil

Karena itu setiap 21 April, surat-surat Raden Ajeng (R.A) Kartini kembali didengungkan untuk mengenang sejarah pahlawan emansipasi tersebut ketika menyelamatkan para perempuan Indonesia dari masa-masa gelap penjajahan menuju terang.

Figur-figur Kartini masa kini pun kembali ditulis di media-media massa, mengingatkan bahwa meski sosok beliau sudah tiada, daya juang yang tertulis dalam surat-suratnya tetap melekat menjadi semangat dalam diri perempuan yang setiap hari bertaruh untuk kemajuan bangsa.

Sejarah singkat surat-surat Kartini

Putri dari pasangan bangsawan bernama Raden Mas (R.M.) Sosroningrat dan Mas Ajeng Ngasirah yang lahir di Kota Jepara, Jawa Tengah pada 21 April 1879 ini tercatat mulai menulis surat pertamanya pada tahun 1899.

 Baca Juga: 4 Orang Remaja Pelaku Aksi Tawuran di Bekasi Berhasil Diringkus Tim Patroli

Berdasarkan buku berjudul "Kartini: the Complete Writings 1898-1904" yang diedit dan diterjemahkan oleh Periset Senior Ilmu Sejarah Monash University, Australia, Joost Coste, Kartini menulis surat pertamanya kepada salah satu rekannya yang termasuk aktivis pergerakan feminisme di Belanda, Estelle (Stella) Zeehandelaar.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x