Hari Pendidikan Nasional Sebagai Momentum Memanusiakan Manusia!

- 2 Mei 2024, 09:36 WIB
Logo Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal pada 2 Mei.
Logo Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal pada 2 Mei. /Instagram/@blogpendidikan/

PRIANGANTIMURNEWS - Setiap tanggal 2 Mei, bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional. Dibalik peringatan Hari Pendidikan Nasional ini terukir suatu kisah inspiratif dari perjuangan tak kenal lelah dari seorang Pahlawan Pendidikan yakni Ki Hadjar Dewantara.

Ki Hadjar Dewantara adalah figur yang mengantarkan bangsa menuju gerbang kemerdekaan melalui perkembangan dan pencerahan ilmu pengetahuan.

Di momen spesial Hari Pendidikan Nasional tahun ini telah mewawancarai beberapa tokoh masyarakat yang mempunyai kepedulian terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia.

Baca Juga: Diperingati Pada 2 Mei 2023, Ini 20 Link Twibbon Hari Pendidikan Nasional 2023 dengan Desain Terbaru

Para tokoh masyarakat tersebut berasal dari kalangan Pesantren, Penyuluh Agama Islam dan pendidik.

Pendidikan bukan hanya diperuntukkan dalam upaya memperkaya ilmu pengetahuan saja tetapi pendidikan juga sejatinya bisa meningkatkan kualitas akhlak masyarakat. Peranan Pondok Pesantren sangat strategis terhadap pendidikan akhlak masyarakat.

Pendidikan pesantren adalah ibarat 'The Big Super Camp' yang didalamnya bukan hanya diajarkan tentang ilmu pengetahuan (kognitif) akan tetapi juga ada proses qudwah hasanah (teladan yang baik) dari pengasuh dan asatidz.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Hari Pendidikan Nasional 2023, Cocok Jadi Profil di Media Sosial

Hal tersebut disampaikan oleh tokoh agama yang merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Alam Tahfidz (PPAT) Hamalatul Qur'an Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, Ustadz Cecep Iwan Ridwan, S.Th.I, M.Pd, C.PE.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah