Gawat! Makanan Laut Ternyata Mengandung Bahan Kimia Berbahaya, Simak Penjelasan Berikut

- 28 April 2024, 08:34 WIB
Ilustrasi salah satu makanan laut./pixabay
Ilustrasi salah satu makanan laut./pixabay /

PRIANGANTIMURNEWS - Sebuah penelitian baru yang dipublikasikan di laman Health pada Jumat, 26 April 2024, menyoroti bahwa mengkonsumsi jenis-jenis spesies laut tertentu secara teratur bisa menimbulkan risiko paparan zat perfluoroalkyl serta polyfluoroalkyl (PFAS), yang sering disebut sebagai 'bahan kimia abadi'.

Penelitian ini dilakukan penduduk Portsmouth, New Hampshire, dan menemukan keberadaan PFAS dalam bermacam produk, dalam konsentrasi tertinggi terdapat pada udang dengan lobster.

PFAS merupakan bahan kimia yang umum digunakan dalam berbagai produk, mulai dari pakaian sampai insulasi kabel listrik.

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Meningkatnya Asam Urat , Jenis Seafood Hingga Sayuran Ini Tidak Dianjurkan Dikonsumsi

Karena sifatnya yang tidak mudah terurai, bahan-bahan ini sering berakhir di udara dan perairan, juga mencemari makanan serta minuman yang dikonsumsi kita.

Ilmuwan telah mengaitkan PFAS dengan berbagai dampak kesehatan pada manusia, termasuk didalamnya gangguan pertumbuhan serta perkembangan, kerusakan hati, juga meningkatkan resiko terkena beberapa jenis kanker.

Celia Y. Chen, PhD, seorang Profesor riset di Departemen Ilmu Biologi di Dartmouth College, yang merupakan salah satu penulis studi tersebut, menyatakan harapannya bahwa temuan ini akan meningkatkan kesadaran tentang fakta bahwa konsumsi makanan yang berasal dari laut bisa menjadi jalur utama paparan PFAS bagi konsumen yang mengkonsumsi makanan laut secara intensif.

Baca Juga: Makanan Yang Mestinya Dihindari Pada Saat Makan Malam, Apa Saja? Simak Yuk Disini!

"Kami harap hal tersebut bisa menarik perhatian kepada fakta, bahwa mengkonsumsi makanan laut bisa jadi jalur penting paparan PFAS si konsumen makanan laut yang tinggi,”ungkap Celia Y. Chen, PhD.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x