Perut Kembung Setelah Makan Banyak Saat Lebaran, Ini Tips untuk Mengatasinya

- 12 April 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi - Obesitas. (ANTARA/HO-Pexel)
Ilustrasi - Obesitas. (ANTARA/HO-Pexel) /

PRIANGANTIMUR NEWS - Aneka Makanan cukup berlimpah saat Lebaran Idulfitri. Kondisi itu membuat kecenderungan orang untuk makan banyak.

Namun tanpa disadari makan berlebihan dapat memunculkan dampak negatif bagi tubuh. Dalam jangka pendek misalnya, makan berlebih bisa memunculkan keluhan atau rasa tidak nyaman seperti refluks asam, kembung dan bergas.


Seperti dilansir dari Cleveland Clinic diungkap bahwa rasa tidak nyaman akibat makan berlebihan biasanya akan mulai terasa membaik setelah beberapa jam kemudian.

Baca Juga: Penyebab Kecelakaan Beruntun di Tol Jakarta-Cikampek KM 58 Terungkap, Ini Penjelasan Polri

"Rasa tidak nyaman dari makan berlebih ini biasanya baru mulai terasa membaik sekitar beberapa jam kemudian," tulis Cleveland Clinic melalui laman resminya yang dikutip pada Jumat (12/4/2024).

Bila sudah telanjur, Cleveland Clinic menyarakan beberapa hal yang bisa membantu meringankan keluhan-keluhan tersebut. Seperti dilansir WebMD, berikut enam hal di antaranya:

1. Jalan Santai
Meski sedang merasa tak nyaman, coba lakukan jalan kaki santai. Jalan kaki dapat membantu menstimulasi pencernaan dan bahkan menurunkan kadar gula darah yang melonjak akibat makan berlebih.

Bersepeda santai juga bisa menjadi alternatif lain yang dapat membantu. Akan tetapi, jangan melakukannya terlalu intens. Aktivitas fisik yang terlalu berat justru dapat membuat aliran darah lebih berpusat pada kaki daripada perut, sehingga proses pencernaan akan melambat.

Baca Juga: Halal Bihalal, Tradisi Usai Lebaran yang Eksistensinya Tetap Terjaga

2. Minum Air putih
Biasakan minum segelas air putih setelah menyantap makanan dalam porsi besar. Asupan air putih ini bisa membantu tubuh membuang garam berlebih dari makanan yang baru saja dikonsumsi.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah