Ahli Gizi: Durian Tidak Mengandung Kolesterol, Tetap Hati-Hati Buat Kalian Yang Obesitas

- 28 Februari 2024, 19:15 WIB
Durian pangan nabati yang bebas dari kandungan kolesterol/Pixabay
Durian pangan nabati yang bebas dari kandungan kolesterol/Pixabay /

PRIANGANTIMURNEWS - Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, seorang guru besar dalam bidang gizi Masyarakat serta sumberdaya keluarga di Fakultas Pertanian IPB (Institut Pertanian Bogor), menjelaskan bahwa durian sebenarnya merupakan pangan nabati yang bebas dari kandungan kolesterol.

"Durian tidak mengandung kolesterol sebab durian termasuk dalam kategori pangan nabati. Kandungan kolesterol umumnya terdapat dalam pangan hewani," ujar Prof. Ali melalui pesan singkatnya di Jakarta pada hari Senin 26 Februari 2024.

Prof. Ali menekankan bahwa durian sejatinya sama dengan buah-buahan lainnya dan masuk dalam kategori makanan nabati.

Baca Juga: Punya Keluhan Kolesterol, Diabetes, dan Darah Tinggi? Ini Solusiya, Resep Ramuan Herbal Dari dr. Zaidul Akbar

Selain memiliki rasa yang lezat, buah yang dikenal dengan nama ilmiah Durio itu juga kaya dengan lemak yang tinggi, memberikan kontribusi signifikan untuk asupan energi dalam gizi harian.

Meskipun demikian, Prof. Ali memberikan peringatan untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi durian, terutama bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan.

"Durian termasuk dalam kategori pangan nabati dengan kandungan lemak yang relatif tinggi, oleh karena itu, disarankan bagi mereka yang sudah overweight untuk tidak mengkonsumsi durian secara berlebihan," tambahnya.

Baca Juga: Waspada! Gejala Kolesterol Tinggi Tak Biasa, Ini Penjelasannya

Selain itu, bagi penderita asam urat, perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi durian karena buah berduri ini mengandung zat seperti alkohol yang dapat memicu kambuhnya penyakit asam urat.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x