Waspada! Gejala Kolesterol Tinggi Tak Biasa, Ini Penjelasannya

- 14 Januari 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi teknik Jogging yang benar
Ilustrasi teknik Jogging yang benar /pexels.com / Nathan Cowley /

PRIANGANTIMURNEWS - Kolesterol tinggi pada tahap awal memiliki kolesterol tinggi tidak selalu menjadi sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Tetapi ternyata, kolesterol tinggi dapat menumpuk di arteri dan menyebabkan masalah seperti serangan jantung dan stroke.

Seperti dilansir dari laman Express, Minggu 9 Jamuari 2024, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi. Namun, ada beberapa tanda peringatan kolesterol tinggi yang bisa muncul pada tubuh.

Dokter Umum National Health Service (NHS), Khalid Zalmay mengatakan pihaknya banyak mendengar tentang bahaya kolesterol tinggi. Tetapi, kecuali melakukan tes darah, seseorang mungkin tidak akan tahu karena biasanya tidak ada gejala-gejala.

Baca Juga: Heboh Pegawai KPK Lakukan Pungli, Jubir Pastikan Penyidik ​​Tak Terlibat

"Kulit Anda juga bisa menunjukkan tanda-tanda bahwa Anda menderita kolesterol tinggi," ujar dr Zalmay saat berbicara di YouTube.

Benjolan Kuning di Sekitar Kelopak Mata
Tanda pertama adalah benjolan-benjolan kuning di sekitar kelopak mata. Benjolan kuning tersebut dikenal secara medis sebagai xanthelasma. Ini bisa menjadi tanda utama hiperkolesterolemia.

Dokter Zalmay menjelaskan, ini terjadi ketika tubuh seseorang mengumpulkan kolesterol ekstra di sekitar mata.

Baca Juga: Nekat Akan Menembak Capres Anies Baswedan, Pelaku Terancam Hukumam Penjara 4 Tahun

"Anda mungkin melihat pertumbuhan datar berwarna kekuningan di sekitar mata dan endapan ini umumnya tidak berbahaya, menyakitkan, gatal, atau semacamnya, tetapi hal tersebut dapat mengindikasikan kolesterol tinggi yang tidak terkontrol," tuturnya

Selain itu, benjolan kemerahan kekuningan di seluruh tubuh atau dikenal sebagai xanthomatosis mungkin juga mengindikasikan tanda-tanda penyakit metabolisme yang mendasarinya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: pmj news


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x