Waspada Lima Penyakit Usai Rayakan Lebaran, Satunya Asam Urat

- 15 April 2024, 19:30 WIB
Ilustrasi asam urat.
Ilustrasi asam urat. /

PRIANGANTIMURNEWS - Saat rayakan Lebaran banyak sajian khas yang menggugah selera makan. Tak heran jika banyak orang cenderung makan berlebih ketika pada momen kemenangan umat Islam ini.

Menu khas seperti opor ayam, ketupat, rendang, hingga kue-kue kering pun tampak laris disantap. Namun, beberapa makanan tersebut umumnya mengandung banyak kalori, lemak, gula, dan garam yang bisa memicu datangnya berbagai jenis penyakit.

Seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Minggu (14/4/2024), berikut sederet penyakit yang harus diwaspadai pasca Lebaran:.

Baca Juga: Shin Tae Yong Turunkan Skuad Inti Jelang Lawan Timnas Qatar

1. Kolesterol dan Gula Darah Naik
Kondisi ini bisa saja terjadi jika Anda mengonsumsi makanan manis dan berlemak dalam jumlah yang banyak. Jika Anda tidak memperhatikan pola makan, maka kolesterol tinggi bisa memicu penyakit stroke dan serangan jantung.

2. Maag
Sakit maag kemungkinan terjadi akibat perubahan pola makan setelah berpuasa. Selain itu, mengkonsumsi terlalu banyak makanan pedas saat lebaran juga bisa lho menyebabkan maag kambuh.

Oleh karenanya, perhatian porsi dan jenis makanan yang Anda konsumsi. Gejala maag yang biasa terjadi seperti nyeri pada perut bagian atas, mual, muntah, sering bersendawa, nyeri ulu hati, dan kembung pada perut bagian atas.

3. Flu dan Batuk
Momen lebaran selain banyak makanan yang menggugah selera, adapun minuman-minuman manis yang dingin. Namun, jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak, maka minuman ini bisa menyebabkan flu dan batuk.

Baca Juga: Halal Bihalal IKA Nedutas 87, Berlangsung Hangat dan Meriah!

4. Hipertensi
Bagi Anda yang memiliki riwayat darah tinggi atau hipertensi, hati-hati kalap saat mengkonsumsi makanan berlemak saat Lebaran. Hidangan yang mengandung santan dan daging-daging berlemak tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam porsi yang banyak.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah