Agar Daging Sapi Lebih Empuk dan Lembut untuk Perayaan Idul Adha Ala Chef Devina

- 15 Juni 2024, 18:00 WIB
Chef Devina berikan tips agar mengolah daging sapi empuk dan lembut bisa diperhatikan karakteristik dan perbedaan bagian potongan daging/ANTARA/Sizuka/am
Chef Devina berikan tips agar mengolah daging sapi empuk dan lembut bisa diperhatikan karakteristik dan perbedaan bagian potongan daging/ANTARA/Sizuka/am /

PRIANGANTIMURNEWS - Chef selebriti Devina Hermawan berbagi tips dalam mengolah daging sapi supaya menjadi lebih empuk dan lembut, khususnya pada bagian daging yang mempunyai serat kasar.

Tips ini bisa menjadi inspirasi dalam mengolah daging pada saat perayaan Idul Adha mendatang.

"Untuk mengolah daging berserat kasar, kita bisa menggunakan teknik velveting atau dengan menaburkan tepung dan putih telur, ini adalah gaya memasak ala Tiongkok. Selain itu, kita juga bisa memasak dengan presto dalam waktu yang lama, metode ini sebenarnya sudah sering kita lakukan,"ujar Devina di Jakarta, pada Jumat, 14 Juni 2024.

Baca Juga: Hidangan Lezat Idul Adha: Sambal Paru Khas Devina Hermawan, Sajian Unik Bahan Jeroan Sapi

Chef yang merupakan alumni dari ajang kompetisi memasak Master Chef Indonesia itu menyarankan potongan brisket dan sandung lamur karena daging ini memiliki keseimbangan antara lemak dan serat, sehingga membuatnya lebih lembut.

Devina juga menekankan bahwa disamping cara memasak yang tepat, penting juga untuk memahami karakteristik dan perbedaan tiap potongan daging dalam menentukan kelembutan daging.

Misalnya, potongan prime cut misalnya tenderloin, sirloin, dan rib eye dikenal lebih lembut dikarenakan berasal dari bagian sapi yang tidak aktif serta tidak mempunyai otot yang keras.

Baca Juga: Resmi, Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1445 Hijrah Jatuh Pada Senin 17 Juni 2024

Sebaliknya, bagian paha sedikit lebih keras sebab terdapat otot dan juga merupakan bagian yang aktif dari sapi.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah