Guide Atau Pemandu Wisata di Banda Neira Maluku Jadi Bisnis Yang Menguntungkan

- 16 Mei 2024, 09:58 WIB
Pemandangan pendayung perahu belang di Laut Banda Neira, Maluku Tengah/ ANTARA/Dedy Azis
Pemandangan pendayung perahu belang di Laut Banda Neira, Maluku Tengah/ ANTARA/Dedy Azis /

PRIANGANTIMURNEWS - Sejumlah pengusaha pariwisata di Banda Neira, wilayah Maluku Tengah, melaporkan peningkatan keuntungan yang signifikan sejak kawasan ini dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata utama di Provinsi Maluku.

“Kami sering mengadakan open trip (liburan terbuka) untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Banda Neira, di Maluku Tengah,”ungkap Andri, seorang pemandu wisata di Banda Neira, Maluku, Pada Rabu, 15 Mei 2024.

Menurutnya, keunikan Banda Neira yang menawarkan keindahan alam sekaligus situs sejarah membuat banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, rela mengeluarkan biaya lebih untuk berkunjung ke pulau ini.

Baca Juga: Masih Bingung Kemana Habiskan Waktu Akhir Pekan? Ini 5 Rekomendasi Lokasi Wisata di Jakarta Buat Kamu

"Biasanya kami menawarkan paket wisata selama 4 hari 3 malam dengan biaya sekitar Rp4.500.000 per orang, yang mencakup akomodasi, makan, sewa speedboat untuk berkeliling pulau, dan tur sejarah,”jelasnya lebih lanjut.

Andri menambahkan bahwa setiap kali open trip diadakan, biasanya ada sekitar 5 hingga 6 orang yang bergabung pada satu kelompok.

Terlebih lagi, katanya, sejak ditetapkan sebagai destinasi wisata unggulan di wilayah Maluku, Banda Neira selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Baca Juga: Terjadi Lagi Musibah! Kecelakaan Beruntun di Jalur Wisata Bogor, 14 Orang Luka Ringan hingga Berat

Dalam  sebulan, open trip dapat diadakan dua hingga tiga kali karena penyesuaian dengan jadwal kapal ke dan dari Banda Neira dalam jumlah peserta yang ikut.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah