Syaikh as-Sudais Instruksikan Pemendekan Khutbah Pada Shalat Jumat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

- 8 Juni 2024, 14:28 WIB
Ketua Urusan Keagamaan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Syaikh Dr Abdurrahman as-Sudais Instruksikan Pemendekan Khutbah./ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi
Ketua Urusan Keagamaan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Syaikh Dr Abdurrahman as-Sudais Instruksikan Pemendekan Khutbah./ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi /

PRIANGANTIMURNEWS - Syaikh Dr. Abdurrahman as-Sudais, Ketua Urusan Keagamaan di wilayah Masjidil Haram dengan Masjid Nabawi, telah memberikan instruksi kepada para imam serta khatib di kedua masjid tersebut untuk memperpendek durasi khutbah dan shalat Jumat selama musim Haji 2024.

Menurut pernyataan yang diterima di Jakarta pada Sabtu, 8 Juni 2024, bahwa Syaikh Dr. Abdurrahman as-Sudais menekankan pentingnya menjaga kenyamanan para tamu Allah beserta jamaah shalat, khususnya di area pelataran tawaf, lantai atap, juga halaman masjid, agar terhindar dari panas matahari yang menyengat.

Dia menjelaskan bahwa instruksi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan meringankan beban jamaah haji yang sedang menunaikan shalat Jumat di ke dua masjid suci tersebut.

Baca Juga: Indosat Siapkan Dua Paket Khusus Internasional Untuk Jemaah Haji

Arahan ini juga sesuai perintah Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh HR Muslim, yaitu "Persingkatlah khutbah. Karena sesungguhnya sebagian dari penjelasan tersebut mengandung sihir (memikat)."

Disamping itu, Syaikh as-Sudais mengutip hadits Jabir bin Samurah radhiyallahu 'anhu yang menyebutkan, 'Aku shalat bersama Rasulullah SAW dan aku mendapati shalat beliau sedang serta khutbah beliau pun sedang.' (HR Muslim), sebagai dasar dari instruksi tersebut.

Syaikh Dr. Abdurrahman as-Sudais menekankan bahwa mimbar di dua masjid suci memiliki makna mendalam bagi umat Muslim.

Baca Juga: MasyaAllah, Abu Bakar Calon Haji Tertua asal Aceh pada 2024, Umur Hampir Satu Abad Masih Sehat

Karena itu, para jamaah mendengarkan dengan penuh perhatian untuk memperoleh pemahaman yang benar dan moderat tentang Islam serta petunjuk dari khutbah yang disampaikan.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah