Menjelajah Keindahan 'Leuweung' Sancang dan Legenda Pohon Keboa yang Penuh Misteri

- 16 Juni 2024, 17:00 WIB
Sebagian rombongan berfoto dengan latar belakang deretan pohon Keboa di Hutan Sancang Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut Jawa Barat/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN
Sebagian rombongan berfoto dengan latar belakang deretan pohon Keboa di Hutan Sancang Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut Jawa Barat/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN /

PRIANGANTIMURNEWS - Jawa Barat terkenal dengan kekayaan destinasi wisatanya. Banyak destinasi wisata indah di Provinsi ini. Selain destinasi wisata alam, Jawa Barat juga kaya akan destinasi wisata religi.

Salah satu destinasi wisata alam dan juga destinasi wisata religi yang sangat terkenal di Jawa Barat yakni Leuweung (Hutan) Sancang yang terletak di Desa Sancang Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut Jawa Barat.

Leuweung Sancang Garut dikenal sebagai hutan paling keramat di Indonesia yang menyimpan keindahan alam yang luar biasa.

Baca Juga: Misteri Hutan Sancang Tempat Persemayaman Prabu Siliwangi

Leuweung (Hutan) Sancang selama ini telah menjadi buah bibir masyarakat karena dianggap Leuweung penuh misteri di Indonesia.

Leuweung atau hutan ini terkenal dengan keangkerannya, hutan ini juga merupakan tempat legendaris yang diyakini menjadi tempat moksa atau menghilangnya Raja Pajajaran yakni Prabu Siliwangi beserta pasukannya.

Prabu Siliwangi sendiri lahir di Kawali Galuh yang kini menjadi daerah Ciamis pada tahun 1401. Beliau mempunyai nama asli Jaya Dewata. Ayah beliau adalah Prabu Dewa Niskala yaitu cucu Raja Niskala Wastu Kencana yang pemimpin Kerajaan Sunda Galuh pada 1348-1475 M.

Baca Juga: Menguak Misteri Pohon Kaboa Hutan Sancang, Ternyata Diyakini Jelmaan Prabu Siliwangi

Prabu Siliwangi bagi masyarakat Jawa Barat atau masyarakat etnis Sunda tak pernah lepas dari kisahnya yang penuh misteri dan tidak akan pernah hilang ditelan zaman.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah