KH Aminudin Bustomi: Tahun Baru Islam Sebagai Momentum Instrospeksi dalam Menyongsong Indonesia Emas

- 2 Juli 2024, 15:00 WIB
KH. Aminudin Bustomi sebut Tibanya Tahun Baru Islam sebagai momentum instrospeksi dan refleksi dalam menyongsong Indonesia Emas./Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN
KH. Aminudin Bustomi sebut Tibanya Tahun Baru Islam sebagai momentum instrospeksi dan refleksi dalam menyongsong Indonesia Emas./Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN /

PRIANGANTIMURNEWS - Sebagaimana diketahui, Tahun Baru Islam diperingati setiap tanggal 1 Muharam, sebagai awal bulan dalam kalender Hijriah. Menurut kalender Hijriah tahun ini, tanggal 1 Muharam 1446 Hijriah bertepatan pada tanggal 7 Juli 2024.

Muharam juga merupakan bulan yang dimaknai oleh umat muslim sebagai Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriyah.

Bulan pertama pada kalender Hijriah ini menjadi salah satu bulan mulia selain bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Rajab. Hal ini, dikarenakan bulan Muharam berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada 622 Masehi, yang menjadi awal mula ditetapkannya 1 Muharam.

Baca Juga: Panji Gumilang Menjadi-Jadi: Ponpes Al-Zaytun Undang Aktivis Yahudi Peringati Tahun Baru Islam

Sejalan dengan tibanya Tahun Baru Islam untuk tahun 1446 Hijriah ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tasikmalaya akan mengelar kegiatan Tarhib Muharam.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua MUI Kota Tasikmalaya KH. Aminudin Bustomi, M.Ag kepada priangantimurnews.pikiran-rakyat.com melalui pesan elektronik pada Selasa, 2 Juli 2024.

"Kami dari MUI Kota Tasikmalaya dan seluruh Ormas, Forum Pondok Pesantren, BKPRMI, Pemerintah Kota, Forkopimda, Komunitas Satmori (Saturday Morning Religius), Bikers Subuhan, IMI Kota Tasikmalaya akan mengadakan acara Tarhib Muharam," ujar KH. Aminudin Bustomi.

KH. Aminudin Bustomi, M.Ag mengatakan bahwa Bulan Muharram juga merupakan bulan kemenangan bagi umat Islam.

Baca Juga: Sambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah, DKM Rahmatullah Perum BRP Gelar Istigosah dan Doa Bersama

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah