Agar Tak Plin Plan, Pemerintah Diimbau Gunakan Data Ilmiah Terapkan PPKM Level 3 Saat Nataru

- 20 November 2021, 21:10 WIB
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta.
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta. /Antara/Fauzan/

PRIANGANTIMURNEWS- Pemerintah memiliki rencana untuk menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di semua wilayah Indonesia saat momen libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengatakan, kebijakan soal pembatasan harus tetap berdasarkan kajian ilmiah atau scientific based evidence. Sehingga tidak berubah-ubah sebagaimana kebijakan-kebijakan sebelumnya.

"Nanti penerapan PPKM level apapun tetap kita harus mengingatkan prokes 5M dan penerapan 3T yang paling penting. Tentang kebijakan PPKM saat libur Nataru wajib berdasarkan scientific based berdasarkan data sehingga tidak berubah-ubah sebagaimana kebijakan terdahulu," kata Mufidayati, Jumat 19 November 2021.

Baca Juga: Jung Ho Yeon Resmi Go Internasional

Ia mengatakan pembatasan bisa dilakukan jika memang terlihat tren data kasus yang meningkat secara konsisten. Mufida meminta epidemiolog dan ahli kesehatan masyarakat juga dilibatkan dalam kebijakan pembatasan.

Disisi lain terpenting adalah melakukan pembatasan bagi warga negara asing terutama pada momen liburan Natal dan Tahun Baru. Mengingat munculnya beberapa varian baru termasuk varian Delta Plus yang sudah masuk Malaysia dan Singapura.

"Awasi kedatangan dari luar negeri saat momen tahun baru nanti lalu PR akhir tahun kerja vaksinasi dosis dua ya karena daerah banyak sekali mengeluh soal stok untuk vaksin dosis dua masih terkendala," beber dia.

Baca Juga: Curhat Bintang Film 'Panas' yang Bayarannya Pernah Dipotong Pemain MU

Meski begitu, Mufida memberikan sejumlah catatan. Selain durasinya pendek, penerapan PPKM Level 3 sebaiknya tidak diseluruh wilayah, tapi pada wilayah yang kasus harian masih tinggi dan cakupan vaksinasi masih belum optimal.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @indozone.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah