Sejarah Hari Laut Sedunia atau World Oceans Day

- 8 Juni 2022, 17:57 WIB
Hari Laut Sedunia.
Hari Laut Sedunia. /YouTube alpine779

PRIANGANTIMURNEWS - Sejarah hari laut sedunia Hari Laut Sedunia atau disebut juga World Oceans Day merupakan perayaan tahunan yang diperingati di berbagai belahan bumi termasuk di negara Indonesia merupakan negara yang dikelilingi lautan dimana Indonesia memiliki luas wilayah laut sekitar 96.079,15 KM persegi.

Luas wilayah itu menjadikan Indonesia sebagai wilayah kepulauan terbesar di dunia hari laut sedunia setelah diperingati setiap tanggal 8 Juni sejak pengajuan pertama pada tahun 1992 oleh Kanada pada art Summit di Rio De Janeiro Brazil.

Peringatan ini kemudian disahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008 sejak tahun 2003 the ocean oroject telah mengkoordinasikan hari peringatan ini dengan mengumpulkan para peserta setiap tahun perayaan hari laut sedunia merupakan perayaan hari yang didedikasikan khusus untuk menghargai laut-laut yang ada di dunia dengan merayakan hasil-hasil yang disediakan oleh samudra.

Baca Juga: TERBARU KASUS SUBANG: Setelah 3 Hari Menginap di Polres Subang, Danu Ungkap Pernyataan Mengejutkan!!

Seperti makanan laut dan kehidupan laut untuk akuarium dan hewan peliharaan silahkan peringatan itu juga meluangkan waktu untuk menghargai nilai intrinsik itu sendiri laut juga menyediakan jalur pelayaran untuk perdagangan internasional polusi global dan konsumsi ikan yang berlebihan telah menyebabkan populasi ikan berkurang dengan drastis.

Hari peringatan ini juga memberikan kesempatan berbeda untuk menyelenggarakan aksi komunitas dan personal untuk menjaga samudra dan hasil didalamnya hari laut sedunia mengusung tema gender and oceans atau gender dan lautan di setiap tahunnya terdapat tema atau fokus aksi utama dalam peringatan hari laut sedunia.

Aksi yang bisa dilakukan saat peringatan hari laut sedunia juga beragam seperti pembersihan pantai dan konsisten untuk tidak ada sampah apapun ke laut.

Baca Juga: Top 10 Rating Acara TV yang Tayang 7 Juni: ada Ikatan Cinta, Panggilan dan Cinta Setelah Cinta

Secara garis besar tujuan peringatan hari laut sedunia atau World Oceans Day adalah:

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: YouTube alpine779


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah