Menteri Budi Arie Setiadi: Generasi Muda Harus Siap Kuasai Keterampilan Digital untuk Kemajuan Bangsa

- 16 Juni 2024, 18:00 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, mengimbau generasi muda untuk selalu siap menguasai keterampilan digital/ANTARA/HO-Kemenkominfo
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, mengimbau generasi muda untuk selalu siap menguasai keterampilan digital/ANTARA/HO-Kemenkominfo /

PRIANGANTIMURNEWS - Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, mengimbau generasi muda untuk selalu siap menguasai keterampilan digital demi kemajuan bangsa di masa depan.

Menurut Budi, keterampilan digital semakin penting seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan kompetensi digital, terutama sejak perkembangan pesat kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

"Teknologi tidak akan menunggu kita siap, tetapi dia terus berproses. Tidak ada pilihan lagi selain kita mesti menyesuaikan diri, mengadopsi, serta terus berpikir kreatif dan kritis,"ujar Budi dalam pernyataannya pada Minggu, 16 Juni 2024.

KkominfoBaca Juga: Mantan Dirut Bakti Kominfo: Johnny G Plate Mantan Menkominfo Tidak Tanggung Jawab dan Pengecut

Amanat tersebut juga disampaikan Budi dalam pidato ilmiahnya pada acara Wisuda ke-X UNUSIA (Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu, 15 Juni 2024.

Dia mengingatkan, tanpa adanya persiapan yang matang, pada tahun 2030 akan ada sekitar 85 juta pekerjaan yang membutuhkan keterampilan digital yang tidak akan terisi.

Dia juga menyampaikan gambaran kebutuhan talenta global, di mana pada 2024 diperkirakan akan diperlukan 140 juta orang pekerja digital yang handal.

Baca Juga: Rumah Kadis Kominfo Ciamis Disatroni Maling, Sepeda Motor Scoopy Raib

Pada tahun 2025, sekitar 65 persen pekerjaan akan membutuhkan keterampilan di bidang AI.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah