Kalahkan Singapura, Timnas Indonesia Masuk ke Final Piala AFF Suzuki Cup 2020

- 26 Desember 2021, 00:18 WIB
Timnas Indonesia saat pertandingan semifinal piala AFF Suzuki Cup 2020
Timnas Indonesia saat pertandingan semifinal piala AFF Suzuki Cup 2020 / Instagram @pssi /

PRIANGANTIMURNEWSTim Nasional Indonesia berhasil melaju ke final piala AFF Suzuki Cup 2020 setelah menundukkan Singapura.

 
Timnas Indonesia menang dengan skor 4-2 pada leg kedua semifinal piala AFF Suzuki Cup 2020 di Stadion Nasional Singapura, Sabtu 25 Desember 2021.


Empat gol Indonesia dalam partai yang harus melewati babak tambahan tersebut dibuat oleh Ezra Walian, Pratama Arhan, Irfan Jaya dan Egy Maulana Vikri.

Baca Juga: Kemenangan Dramatis, Indonesia Menumbangkan Singapura 4-2 pada Semifinal Leg 2 AFF Suzuki Cup 2020

 
Sementara Singapura melalui gol Song Ui-young dan Shahdan Sulaiman.
 
Singapura harus kehilangan 3 pemain akibat dari kartu merah dari wasit. Adapun pemain Singapura yang diusir wasit yaitu Safuwan Baharudin, Irfan Fandi dan kiper Hassan Sunny.

Berkat kemenangan tersebut, Indonesia berhak memastikan posisi di partai final.
 
Bagi skuad Garuda, itu menjadi final keenam sepanjang keikutsertaan di piala AFF setelah sebelumnya mencatatkan pencapaian serupa pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016 dengan hasil tanpa gelar juara.
 
 
Pertandingan leg kedua itu berjalan ketat sejak menit pertama. Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott dicadangkan oleh pelatih Shin Tae-yong.
 
Timnas Indonesia bermain agresif dengan menekan lawan sejak garis depan. Strategi tersebut membuat Singapura kesulitan mengalirkan bola.
 
Berawal dari upaya Alfeandra Dewangga yang memotong aliran bola Singapura, bola kemudian diarahkan ke Witan Sulaiman yang kemudian dijadikan gol oleh Ezra Walian pada menit 11.
 
 
Tertinggal 1 gol, Singapura bernafsu untuk menyamakan kedudukan. Upaya mereka mendapatkan ganjalan setelah bek Safuwan Baharudin dihadiahi kartu merah hasil kartu kuning kedua pada menit 45+3.

Tetapi, dalam kondisi kekurangan jumlah pemain, Singapura justru mampu menyamakan kedudukan.

Tepatnya menit 45+4, dalam situasi kemelut setelah tendangan bebas, gelandang Song Ui-young menembak bola membuat skor menjadi imbang 1-1.
 
Usai jeda, pada menit 66, pemain Singapura, Irfan Fandi mendapatkan kartu merah langsung dari wasit lantaran melanggar Irfan Jaya yang tinggal mencetak gol.
 
Baca Juga: Sebabkan Dua Pasien Tewas dan Satu Kritis, Dukun Palsu Diamankan Polisi

Berlaga dengan sembilan orang pemain, Singapura malah mampu unggul 2-1 pada menit 74. Gol dicetak oleh Shahdan Sulaiman melalui tendangan bebas yang cantik.

Para pemain Indonesia yang kini tertinggal berhasil keluar dari tekanan berkat gol Pratama Arhan pada menit 87. Skor kembali setara 2-2.
 
Singapura sebenarnya mendapat tendangan penalti. Namun sang eksekutor, Fariz Ramli, tendanganya bisa ditepis Nadeo Argawinata. Kedudukan imbang 2-2 membuat laga harus berlanjut ke babak tambahan.
 
Baca Juga: Peringkat Dunia FIFA Desember 2021, 10 Negara Teratas

Pada babak pertama perpanjangan waktu, anak asuh Shin Tae-yong memperbesar keunggulan pada menit 91 yang dicetak oleh Irfan Jaya.

Kemudian, pada menit 105+2 Egy Maulana Vikri mencetak gol dengan memanfaatkan bola liar di depan gawang Singapura.
 
Pada paruh kedua, Indonesia tidak berhenti melancarkan serangan ke gawang Singapura. Hal itu membuat kiper Singapura melakukan pelanggaran yang berujung pada kartu merah yang ketiga kepada Hassan Sunny.
 
 
Hassan menerjang Irfan Jaya, yang berlari sendiri, di luar kotak penalti.

Sebetulnya Indonesia mendapatkan banyak peluang emas yang berpotensi menjadi gol. Namun peluang tersebut berkali-kali digagalkan oleh kiper Singapura, Hassan Sunny.
 
Hassan Sunny tampil mengagumkan pada pertandingan tersebut padahal usianya sudah tidak muda. Berkat pengalamannya ia berhasil menepis banyak peluang dari Indonesia.
 
 
Sampai laga usai skor bertahan 4-2 untuk kemenangan tim Garuda dan memastikan 1 tiket ke final.
 

Nantinya, di final, Indonesia akan melawan pemenang partai semifinal lainnya yang mempertemukan Thailand dan Vietnam.***

 

   

Editor: Muh Romli

Sumber: AFF Suzuki Cup 2020


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah