Keunikan Tradisi Kesepuhan Ciptagelar yang Telah Dijaga Ratusan Tahun

- 26 Maret 2021, 21:52 WIB
Kesepuhan Ciptagelar di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi
Kesepuhan Ciptagelar di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi /IG Ridwan Kamil/

PRIANGANTIMURNEWS – Kesepuhan Ciptagelar merupakan sebuah perkampungan adat yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Sama seperti halnya kampung adat lainnya seperti Kampung Naga di Tasikmalaya dan Kampung Kuta di Ciamis, Kesepuhan Ciptagelar juga masih mempertahankan tradisi yang telah dijaga oleh masyarakat selama ratusan tahun.

Dilansir priangantimurnews.com dari Instagram Ridwan Kamil, Keunikan tradisi yang dijaga oleh Kesepuhan Ciptagelar tersebut adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Bingung Cari Pekerjaan, Ini Lowongan Kerja di Good News From Indonesia

1.Tradisi Berpakaian
Pakaian yang digunakan oleh seluruh masyarakat Kesepuhan Ciptagelar adalah pakaian yang diwajibkan dipakai merupakan ikat kepala bagi laki-laki dan kain yang diikatkan di pinggang untuk perempuan.

Semua pengunjung yang berkunjung sebelum memasuki perkampungan kesepuhan diharapkan memakai kain ikatan tersebut. Hal ini bertujuan untuk hidup saling terikat satu sama lainnya antara masyarakat.

2.Saling meghormati satu sama lainnya
Setiap masyarakat yang tinggal di Kesepuhan Ciptagelar harus menunjung tinggi saling menghormati.

Saling menghormati artinya kepada siapapun baik itu pemangku jabatan, pendagang, pengunjung, dan lain-lain harus dihoramati. Tradisi ini merupakan salah satu tradisi yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Baca Juga: Daftar Nama 30 Finalis Terpilih Duta Baca Provinsi Jawa Barat Tahun 2021

3.Tradisi Adanya Dukun
Pemimpin Sesepuh adat adalah orang yang bertanggung jawab dalam tata pelaksanaan Kesepuhan Ciptagelar.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram@ridwankamil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x