Menyemai Kerukunan dan Menjaga Keajegan Budaya Bali

- 13 April 2022, 19:10 WIB
Menjaga kerukunan antar umjat beragama di Bali.
Menjaga kerukunan antar umjat beragama di Bali. /Kemenag RI/

PRIANGANTIMURNEWS- Bali merupakan salah satu daerah populer yang menarik para wisatawan asing maupun lokal karena keindahan kotanya.

Bali juga terkenal karena keragaman budaya dan adat istiadat yang masih melekat pada setiap masyarakatnya. Mereka sangat menjaga adat istiadat yang diwariskan oleh leluhurnya.

Masyarakat Bali juga memiliki sosialisasi yang tinggi dan didukung oleh perkembangan zaman, yaitu teknologi canggih dan globalisasi.

Pengaruh tersebut sangat berpotensi untuk memperkenalkan dan mengembangkan budaya-budaya Bali dan keberagamaan yang masih kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Bali memiliki beberapa nilai kearifan lokal yang menjadi panutan untuk masyarakatnya. Sebagaimana yang dilansir dari situs Kemenag RI yang ditulis oleh Tia Sastrina, ST., MM

Dalam menjaga dan merawat adat istiadat dan keberagamaan, masyarakat Bali merealisasikan beberapa budaya lokal yang masih relevan dan diterapkan dalam praktek kehidupan sosial sehari-harinya.

Baca Juga: Ini Dalil Lengkap Keutamaan Menyegerakan Berbuka Puasa dan Keutamaannya

Salah satu budaya yang berkembang di Bali adalah Tri Hita Karana dan Menyama Braya.

Tri Hita Karana
Tri Hita Karana merupakan tiga jalan kebahagiaan yang menjadi sebuah filosofi dan menekankan pada tiga aspek hubungan manusia dalam kehidupan di dunia.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x