Mulai Tahun ini, Polri Meluncurkan SIM C1 untuk Tingkatkan Kompetensi Pemotor

- 27 Mei 2024, 21:00 WIB
 Polri mulai tahun ini meluncurkan SIM C1. Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (ketiga dari kiri), Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (ketiga dari kanan) dan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto (kedua dari kanan) saat launching SIM C1 di Satpas Polda Metro Jaya, Jakarta Bar
Polri mulai tahun ini meluncurkan SIM C1. Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (ketiga dari kiri), Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (ketiga dari kanan) dan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto (kedua dari kanan) saat launching SIM C1 di Satpas Polda Metro Jaya, Jakarta Bar /

PRIANGANTIMURNEWS - Polri meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1. Kebijakan pelaksanaan penerapan SIM C1 akan dilakukan mulai tahun ini.

Tujuan penerbitan SIM C1 ini untuk meningkatkan kompetensi pengendara sepeda motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Polisi Aan Suhanan menyebutkan peluncuran Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 untuk meningkatkan kompetensi pengendara sepeda motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar.

Baca Juga: Apa Bedanya SIM C dengan SIM C1? Ini Penjelasan Polisi dan Syarat Pembuatan

"Kompetensi mengemudi ini menjadi sangat penting, kalau saya ibaratkan jalan raya ini hutan rimba, di situ ada ular kobra, ada ular piton, ada binatang buas, ada kalajengking, yang setiap saat akan memangsa kita," katanya saat ditemui di Jakarta, Senin.

Begitu juga jalan. "Kita sudah punya kompetensi, kompetensi itu kan ada 'skill'-nya, nanti diuji oleh satpas ini. Bagaimana keterampilan mengemudi kendaraan roda dua yang CC-nya 250 ke atas," katanya.

Aan juga menjelaskan sebenarnya aturan SIM C1 ini sudah ada peraturannya sejak 2021 namun baru direalisasikan tahun ini.

Baca Juga: Satreskrim Polres Tasikmalaya Tangkap Penjual Satwa di Lindungi

"Karena kita ingin memastikan betul sistem dan lain sebagainya ini bisa kita implementasikan pada saat nanti setelah 'launching'. Sekaligus juga kita ingin memastikan bahwa adanya perbedaan antara kompetensi SIM C dan SIM C1," katanya.

Aan juga menambahkan adanya penyesuaian ujian SIM itu. Nantinya ada tiga jenis SIM sesuai dengan kompetensi masing-masing.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah