5 Macam Olahraga yang Aman untuk Anda Lakukan Malam Hari

- 8 Oktober 2021, 22:23 WIB
Senam Yoga.
Senam Yoga. /hellosehat.com/

PRIANGANTIMURNEWS- Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh. Banyak orang memilih olahraga malam untuk menghindari panas terik matahari atau tidak punya waktu luang saat pagi hingga sore hari. Lalu, apa saja macam-macam olahraga malam yang bisa Anda lakukan? Agar aman, apa saja hal-hal yang perlu Anda perhatikan?

Macam-macam olahraga malam hari yang aman untuk Anda lakukan
Banyak kalangan masih ragu akan efek olahraga malam sebelum tidur. Padahal, menurut studi pada Journal Of Sleep Research menunjukkan olahraga malam dengan intensitas sedang hingga tinggi tidak mengganggu kualitas tidur seseorang. Olahraga pada malam bahkan bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Selain itu, berolahraga malam juga mencegah Anda dari risiko serangan panas (heat stroke) ketika melakukan aktivitas fisik di bawah panas terik matahari. Namun, kegiatan ini tak bisa Anda lakukan sembarangan. Salah-salah, Anda justru kelelahan atau malah cedera yang bisa berimbas pada kualitas tidur Anda.

Baca Juga: Di Maria, Mancini dan Vialli Disebutkan Dalam Pandora Papers

Di bawah ini macam-macam olahraga malam hari yang cenderung aman untuk Anda lakukan.

1. Yoga
Yoga merupakan salah satu olahraga yang terbilang cukup aman Anda lakukan pada malam hari. Gerakan yoga bisa membantu melepaskan lelah dan membuat tubuh serta pikiran rileks sebelum Anda bersiap tidur. Anda bisa melakukan pose yoga yang mudah dan sederhana, seperti child’s pose atau forward fold.

Anda tak perlu berolahraga dengan matras, cukup berlatihlah di atas kasur. Selain bermanfaat untuk menghilangkan penat, jenis olahraga malam hari ini juga bisa melancarkan peredaran darah, dan mengatur pernapasan sehingga tidur pun akan nyenyak.

2. Jalan santai
Jika Anda tak begitu suka yoga, jalan kaki bisa menjadi salah satu alternatif olahraga malam hari yang sama amannya. Terlebih jika Anda jarang bergerak pada siang hari, berjalan kaki selama 30 menit pada malam hari bisa jadi pilihan olahraga yang cukup memadai.

Ada banyak manfaat jalan kaki bagi kesehatan fisik maupun mental Anda, mulai dari membantu menurunkan berat badan, melawan stres dan depresi, hingga sebagai sarana meditasi mengusir pikiran negatif sebelum beranjak tidur.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: hellosehat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah