Cara Ampuh Atasi Bau Mulut yang Membuat Tidak Pede

- 29 Desember 2022, 05:16 WIB
Ilustarasi bau mulut
Ilustarasi bau mulut /freepik.com/nensuria

PRIANGANTIMURNEWS- Bau mulut seringkali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Tentu ini menjadi masalah karena terasa menganggu.

Bau mulut atau halitosis ini disebabkan oleh bakteri-bakteri yang tumbuh dan berkembang biak dalam mulut. Sehingga ketika membuka mulut atau membuang nafas lewat mulut, keluarlah aroma yang tidak sedap.

Berikut adalah cara ampuh mengatasi bau mulut yang mengganggu:

Baca Juga: Tes 16 Personality ESTP: Si Pengusaha MBTI

1. Sikat dan floss gigi lebih sering
Plak merupakan lapisan lengket pada gigi, yang dapat mengumpulkan bakteri penyebab bau mulut. Makanan yang terperangkap di sela-sela gigi juga bisa menambah masalah.

Sikat gigi Anda setidaknya dua kali setiap hari, dan gunakan benang gigi atau floss setidaknya sekali. Atau juga bisa melakukan keduanya lebih sering namun jangan berlebihan.

2. Gunakan obat kumur
Selain menyegarkan napas, obat kumur menambah perlindungan ekstra dengan menyingkirkan bakteri. Rasa mint yang segar bisa membuat merasa nyaman. Namun pastikan obat kumur yang Anda pilih membunuh kuman penyebab bau mulut jangan hanya menutupi baunya.

Baca Juga: Baru Saja Merayakan Ulang Tahunnya yang Ke 45, Indra Bekti Dilarikan ke Rumah Sakit di Sela Siaran

3. Sikat lidah
Lapisan yang biasanya terbentuk di lidah Anda bisa menjadi inang bagi bakteri penyebab bau. Untuk menghilangkannya, gosok atau sikat lidah Anda dengan lembut menggunakan sikat gigi.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Instagram @mediasehatkuu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah