Ustadz AYA: Hikmah Hari Raya Idhul Adha Sebagai Momentum Kepedulian Terhadap Sesama

- 13 Juni 2024, 15:47 WIB
Ustadz Agus Yosep Abduloh atau Ustadz AYA sebut Ibadah Kurban merupakan implementasi ketakwaan kepada Allah SWT dan bentuk kepedulian terhadap sesama/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN
Ustadz Agus Yosep Abduloh atau Ustadz AYA sebut Ibadah Kurban merupakan implementasi ketakwaan kepada Allah SWT dan bentuk kepedulian terhadap sesama/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN /

PRIANGANTIMURNEWS - Bulan Zulhijah dikenal sebagai bulan haji atau kurban. Bulan di mana umat islam di dunia melaksanakan ibadah haji di kota suci Mekkah. Rangkaian rukun haji harus dilalui dan dilaksanakan oleh para jamaah sesuai syariah dalam rangka menunaikan rukun Islam yang kelima.

Demi lancarnya pelaksanaan ibadah haji, calon jemaah sudah semestinya mempersiapkan diri baik fisik, ruhiyah dan materi. Untuk fisik perlu menjaga kebugaran dengan melakukan olah raga secara rutin.

Peningkatan ruhiyah dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah melalui memperbanyak ibadah, Dzikir, Baca Qur'an, Sholawat dan doa-doa.

Baca Juga: Musim Ibadah Haji Sudah Berakhir, Segini Pendapatan yang Diterima Arab Saudi!

Serta mempersiapkan materi untuk memenuhi biaya selama melaksanakan haji di kota suci Mekkah dan bekal untuk pemenuhan kebutuhan keluarga yang ditinggalkan di Rumah.

Istilah hari kurban tak lepas dari peristiwa historis kenabian Keluarga Nabi Ibrahim dan Ismail ‘alaihissalam yang sangat monumental.

Hikmah dari pelaksanaan ibadah kurban dibahas oleh Ketua Forum Hufadzil Qur'an (FHQ) DPD Jawa Barat, Ustadz Agus Yosep Abduloh, M.Pd.I, M.BA kepada priangantimurnews.pikiran-rakyat.com pada Kamis, 13 Juni 2024.

Ustadz Agus Yosep Abduloh memaparkan bahwa pernah suatu saat Rasulullah SAW ditanya oleh sahabatnya mengenai makna penting dari ibadah penyembelihan kurban dalam Islam. Beliau menjawab dengan tegas bahwa ibadah kurban ini adalah ajaran Bapak kalian, yakni Nabi Ibrahim AS.

Baca Juga: Masa Tunggu Menunaikan Ibadah Haji di Malaysia Bisa Sampai 141 Tahun! Berikut Penjelasannya!

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah