Ini Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai Syariat IsIam, Simak Baik-baik

- 16 Juni 2024, 08:17 WIB
Perugas memberikan bimbingan tata cara penyembelihan hewan kurban.
Perugas memberikan bimbingan tata cara penyembelihan hewan kurban. /Antara/

PRIANGANTIMURNEWS - Sebentar lagi umat islam akan merayakan hari Idul adha 1445 Hijriah. Pada saat itu juga akan dilakukan penyembelihan hewan kurban.

Untuk menyembelih hewan kurban tak boleh sembarangan, tetapi harus sesuai dengan syariat IsIam. Karena ini salah satu ritual penting dalam agama Islam yang dilakukan pada hari raya Idul Adha.

Tata cara penyembelihan hewan kurban mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan berdasarkan ajaran agama dan tradisi Rasulullah SAW.

Baca Juga: Tiga Handphone Amblas Dicopet, di Acara Konser Iwan Fals di Lanud Wiriadinata Tasikmalaya

Lantas bagaimana aturan dan tata cara menyembelih hewan kurban menurut syariat islam. Silahkan simak uraian berikut ini.

Pertama, sebelum menyembelih hewan kurban, hendaklah mempersiapkan hewan yang akan disembelih.

Kemudian hewan yang dipilih haruslah sehat, tidak cacat, dan memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang menganjurkan untuk memilih hewan yang terbaik dari segi kualitas dan kesehatannya.

Baca Juga: Lagu Perpisahan yang Sering Dinyanyikan Siswa SMA, Ternyata Karya Diffa Chandra Anak Artis Asal Tasikmalaya

Proses penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan mengucapkan bismillah dan menyebut nama Allah SWT. Bacaan yang dianjurkan ketika akan menyembelih hewan kurban adalah "Bismillahi Allahu Akbar".

Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim bahwa Rasulullah SAW ketika menyembelih hewan kurban mengucapkan kalimat tersebut.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah