Pemerintah Indonesia Telah Menandatangani Kontrak Penyediaan 6 Frigate Klas Maestrale

- 11 Juni 2021, 10:30 WIB
Kapal perang Indonesia.
Kapal perang Indonesia. /Instagram @alutsista.indonesia/

PRIANGANTIMURNEWS- Kementerian Pertahanan Indonesia, telah menandatangani kontrak untuk penyediaan 6 frigate kelas Fremm, modernisasi dan penjualan 2 frigate kelas Maestrale , dan dukungan logistik terkait. Pesanan tersebut merupakan keberhasilan bagi Fincantieri dan negara Italia, yang memiliki armada 10 kapal Fremm.

Hal tersebut diketahui setelah dikutif priangantimurnews.com dari akun Instagram @alutsista.indonesia menyebutkan, kesepakatan tersebut sangat penting untuk memperkuat kerja sama antara dua Negara di kawasan strategis Pasifik.

Baca Juga: 19 Kapal Ikan Ilegal Fishing Berbendra Vietnam, Malaysia dan Filipina Ditangkap Tim PSDKP

"Fincantieri akan menjadi kontraktor utama untuk keseluruhan program pembangunan fregat akan memastikan manfaat kerja yang signifikan tidak hanya untuk beberapa galangan kapal Italia Grup di tahun-tahun mendatang, tetapi juga untuk perusahaan lain di sektor ini, yaitu Leonardo, serta banyak perusahaan nasional kecil dan menengah," ucapnya.

Ia menyebutkan, kita  akan melihat kolaborasi kerjasama dengan galangan PT-PAL (Indonesia). Modernisasi dua kapal kelas Maestrale, yang akan diperoleh Fincantieri dari Angkatan Laut Italia setelah dinonaktifkan, juga akan dilakukan di Italia.

Baca Juga: Prajurit TNI Selamatkan Warga Yang Terjebak Luapan Sungai di Papua

“Akuisisi pesanan sebesar ini memungkinkan Fincantieri juga mengambil alih kepemimpinan global di sektor kapal permukaan, dan merupakan konfirmasi kepemimpinan teknologi dari sebuah proyek dianggap paling inovatif di pasar dunia," kata  CEO Fincantieri Giuseppe Bono.

Ia menyebutkan ada 20 kapal untuk beberapa Angkatan Laut asing, antara pesanan dan opsi. Program ini memiliki kepentingan strategis yang luar biasa, baik untuk pengembalian ekonomi bagi negara kita (Italia) dan untuk rantai pasokan pertahanan Italia, dan karena memastikan posisi kuat Fincantieri di area tersebut, membuka jalan bagi finalisasi negosiasi penting lebih lanjut untuk program lain yang sudah ada di kemajuan juga di sektor sipil.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @alutsista.indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah