BLT UMKM Menciptakan Pengusaha-Pengusaha Baru

- 25 September 2021, 20:52 WIB
Ilustrasi BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair ASN, TNI Polri
Ilustrasi BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair ASN, TNI Polri /uangindonesia.com

PRIANGANTIMURNEWS- Salah satu program pemerintah yang mana di sini menyasar para pelaku UMKM yaitu berupa pemberian bantuan dana.

Pemberian dana hibah tersebut disebut juga dengan BLT UMKM. Nyatanya bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini dapat memberikan dampak yang sangatlah positif bagi masyarakat yang memperoleh bantuannya.

Terbukti dengan adanya program tersebut telah mampu untuk mencetak banyak para wirausahawan baru di Indonesia. Dari hasil data sebuah survei yang dilakukan oleh BPS, didapatkan hasil bahwasannya setelah diberikan dana BLT UMKM ini, terdapat juga penambahan jumlah pengusaha baru yang mencapai 760.000 orang. Sedangkan untuk buruh informal sendiri meningkat hingga 4,5 juta.

Baca Juga: Heboh Ria Ricis Tunangan dengan Pria Tampan Asal Aceh

Hal tersebut di sampaikan oleh seorang asisten deputi koperasi serta UMKM dalam sebuah acara dialog produktif yang membahas mengenai BPUM atau yang biasa disebut juga dengan (Banpres Produktif Usaha Mikro) pada bulan Mei yang lalu.

Selain dengan meningkatnya usaha-usaha baru di Indonesia, manfaat lain yang bisa dirasakan dengan adanya BPUM tersebut yaitu menekan terjadinya angka pengangguran selama masa pandemi covid 19 ini.

Dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah tersebut, maka tak heran jika pada akhirnya banyak sekali UMKM yang mampu untuk terus mempertahankan usaha yang mereka miliki.

Baca Juga: Berbagi Berkah di Hari Jumat, Satgas Yonif RK 751 VJS Bagikan Nasi Bungkus Kepada Jamaah

Oleh karena itulah, nantinya pihak pemerintah akan berkomitmen untuk mengadakan program-program insentif lain yang bisa membantu kelangsungan hidup para UMKM ataupun sector-sektor yang lainnya.

Program-program tersebut seperti contohnya penempatan dana ke bank-bank umum, subsidi bunga, pembelian PPH final bagi para pelaku UMKM dan penjaminan kredit modal kerja.

Sedangkan untuk tahun 2021 itu sendiri besar bantuan yang dianggarkan oleh pemerintah Indonesia yang dikeluarkan untuk membantu para pelaku UMKM yaitu sebesar 129 triliun rupiah.

Baca Juga: Lama Tak Terlihat, Begini Kondisi Tukul Arwana

Dengan begitu tentunya pemilik usaha kecil patut untuk senang dan berbahagia. Karena dengan adanya bantuan tersebut mereka akan memiliki tambahan dana segar untuk bisa bertahan di masa pandemi.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah