Gempa Guncang Lombok dan Lampung, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

- 25 Mei 2022, 13:45 WIB
Gempa Guncang Lombok dan Lampung, BMKG
Gempa Guncang Lombok dan Lampung, BMKG /antara foto/


PRIANGANTIMURNEWS
- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi dua gempa secara bersamaan di dua wilayan berbeda, yakni di Lampung dengan magnitudo (M)5,1 terjadi pukul 04:18:18 WIB dan Lombok-Bali M4,4 pada 04:18:56 WIB.

“Pagi ini, Rabu 25/05/2022, 2 gempa terjadi secara bersamaan, yaitu Gempa Liwa Lampung M5,1 dan Gempa Lombok-Bali M4,4, keduanya terjadi pada pukul 04.18 WIB,” tulis Kepala Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Namun, Daryono menegaskan bahwa kedua gempa tersebut tidak saling picu. Dia menjelaskan bahwa itu merupakan konsekuensi zona seismik aktif dan kompleks.

Baca Juga: Penampilan Ariel Tatum di Film Sayap Sayap Patah Curi Perhatian, Netizen: Suaranya Sexy

“Apakah keduanya saling picu? Tidak! itulah konsekuensi zona seismik aktif dan kompleks, memang sumber gempa kita sangat banyak,” tulis Daryono.

Sementara itu, dari analisa BMKG gempa M5,1 di Lampung menunjukkan bahwa episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 5.76 Lintang Selatan (LS) dan 103.73 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 66 km Barat Daya Pesisir Barat, Lampung pada kedalaman 25 kilometer.

Dampak gempa bumi ini juga dirasakan di wilayah dirasakan di wilayah Liwa dengan skala II-III (MMI), Pringsewu dan Tanggamus dengan skala II MMI. Meski demikian, BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.***

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x