Begini Nasib Korban Gempa Bumi dan Likuifaksi di Sulawesi Saat Ini, Simak Penjelasannya

- 21 Mei 2022, 12:37 WIB
  Rumah Hunian di Sulawesi Tengah
Rumah Hunian di Sulawesi Tengah /kementrian PUPR/

PRIANGANTIMURNEWS – Gempa bumi dan likuifaksi di Sulawesi yang diikuti tsunami beberpa tahun silam.

Saat ini pemerintah Sebagai upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana gempa bumi yang disertai tsunami dan likuifaksi yang terjadi di sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah pada tahun 2018 silam.

Sekretaris Jenderal, Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan, hingga saat ini pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan 3.463 unit hunian tetap (huntap) atau setara 45 persen dari total rencana 7.682 unit huntap.

Baca Juga: Lirik Lagu Fabio Asher 'Rumah Singgah' Trending di Youtube, Dalam Kurun 2 Minggu Dibanjiri 5,4 Juta Orang

Huntap tersebut juga telah dihuni oleh para penerima manfaat.

Untuk mempercepat penyelesaian pembangunan huntap dan infrastruktur permukiman, kami mengharapkan dukungan pemerintah daerah untuk dapat menyelesaikan permasalahan lahan hingga akhir Juni 2022.

"Itu dilakukan agar target penyelesaian seluruh kegiatan fisik pada Desember 2023 dapat tercapai,” ujarnya saat Serah Terima Kelola Huntap dan Fasilitas Lainnya serta Sekolah pada Lokasi Pascabencana Sulawesi Tengah.

Dikatakannya, Pembangunan huntap dilakukan di tiga kabupaten/kota yakni Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala.

Baca Juga: Pemerintah Korut Kaget Wabah COVID19 Meledak di Korea Utara menjadi 450000 Warga Terinfeksi

“Di Kota Palu, Kementerian PUPR membangun 230 unit huntap di Kawasan Duyu, 1.056 unit di Kawasan Tondo 2, 1.056 unit di Kawasan Talise, 663 unit di Kawasan Petobo, 52 unit di Kawasan Huntap Satelit Balaroa, 45 unit di Kawasan Huntap Mandiri Kota Palu Tahap 1, 233 unit di Kawasan Huntap Mandiri Kota Palu Tahap 2A, dan 45 unit di Kawasan Lere Tahap 2C” tuturnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x