Pemerintah Korut Kaget Wabah COVID19 Meledak di Korea Utara menjadi 450000 Warga Terinfeksi

- 21 Mei 2022, 12:15 WIB
Beberapa warga Korea Utara tengah melakukan pencegahan Covid19.
Beberapa warga Korea Utara tengah melakukan pencegahan Covid19. /Twitter/@dunia.rmol/

PRIANGANTIMURNEWS- Korea Utara telah mengumumkan bahwa wabah COVID19 "eksplosif" yang kemungkinan telah menewaskan 20 orang dan menginfeksi lebih dari 450.000, menurut media pemerintah, telah memicu kekhawatiran akan krisis yang akan datang dan mematikan di negara yang terisolasi dan miskin itu.

Pengumuman itu muncul sehari setelah negara itu melaporkan kasus virus corona pertamanya, menyebut situasinya sebagai "darurat nasional utama".

Pada hari Sabtu, Korea Utara melaporkan 20.000 "kasus demam" baru dan enam kematian, salah satunya dites positif untuk sub-varian BA.2 dari Omicron, media pemerintah KCNA melaporkan pada hari Jumat.

Baca Juga: Fabio Asher, Penyanyi Pendatang Baru Ungkap Mengapa Dirinya Memilih Terjun Ke Dunia Tarik Suara

Korea Utara belum mengkonfirmasi bahwa semua kasus "demam" dan kematian adalah COVID19, kemungkinan karena kemampuan pengujiannya yang terbatas.

"Demam yang penyebabnya tidak dapat diidentifikasi secara eksplosif menyebar secara nasional sejak akhir April," kata surat kabar itu. "Sampai sekarang hingga 187.800 orang diisolasi."

Wabah COVID19 bisa menjadi bencana bagi Korea Utara. Infrastruktur perawatan kesehatan negara yang bobrok sepertinya tidak akan mampu menangani sejumlah besar pasien dengan penyakit yang sangat menular dan negara tersebut tidak diketahui telah mengimpor vaksin virus corona.

Baca Juga: Wajib Tahu, Pemimpin Lahir dari Kekayaan Kebudayaan yang Luhur dan Agung

Korea Utara sebelumnya tidak mengakui adanya kasus virus corona, meskipun hanya sedikit yang percaya bahwa negara berpenduduk sekitar 25 juta orang telah terhindar dari virus yang telah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: 9news.com.au


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x