Kenali Gejala Wabah Hepatitis yang Misterius, Apakah Sama dengan Covid-19?

- 5 Mei 2022, 11:04 WIB
ilustrasi anak terkena wabah hepatitis misterius
ilustrasi anak terkena wabah hepatitis misterius /pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Belum hilang masalah Covid-19 di Indonesia, kemunculan wabah Hepatitis misterius yang menyerang anak-anak di dunia memicu rasa khawatir masyarakat. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan sejumlah gejala yang perlu diwaspadai oleh orangtua terhadap anak.

Sebelumnya, tiga anak meninggal dunia di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta, diduga terjangkit Hepatitis misterius. Namun, Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid bisa menyebut hal itu sebagai Hepatitis.

"Belum, seperti WHO sampaikan Hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya," ujar kata dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid.

Baca Juga: Roby Dwi Antono, Seniman Indonesia yang Bergabung dalam Mickey Mouse Exhibition di Jepang

Banyak yang beranggapan Hepatitis misterius muncul dari vaksin covid-19, entah itu benar atau tidak.

Namun, Nadia meminta masyarakat untuk mewaspadai beberapa gejala, antara lain gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, penurunan kesadaran.

Sejauh ini, penyebab dari penyakit tersebut masih belum diketahui. Pemeriksaan laboratorium di luar negeri telah dilakukan dan virus hepatitis tipe A, B, C, D dan E tidak ditemukan sebagai penyebab dari penyakit tersebut.

Baca Juga: Daftar Para Pemian Film KKN di Desa Penari, Sedang Tayang di Seluruh Bioskop Indonesia

Sementara, gejala klinis pada kasus yang teridentifikasi adalah hepatitis akut dengan peningkatan enzim hati, sindrom jaundice (Penyakit Kuning) akut, dan gejala gastrointestinal (nyeri abdomen, diare dan muntah-muntah) tapi sebagian besar kasus, tidak ditemukan adanya gejala demam.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x