Wajib Tahu, Pemimpin Lahir dari Kekayaan Kebudayaan yang Luhur dan Agung

- 21 Mei 2022, 12:00 WIB
Ilustrasi pemimpin
Ilustrasi pemimpin /Pixabay/geralt/

PRIANGANTIMURNEWS- Pemimpin Lahir dari kekayaan kebudayaan yang luhur dan agung.

Terbentuk melalui proses kehidupan sehari-hari yang merupakan perwujudan dari aspek kebudayaan yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Dikutip priangantimurnews.com dari Buku Adab Sunda, aspek-aspek tersebut antara lain, pertama, pemimpin merupakan teladan terhadap cetusan ide-ide atau gagasan, nilai-nilai, adab (norma-norma), adat (aturan-aturan) dan sebagainya (culture sistem).

Baca Juga: Lapas Tasikmlaya Lakukan 6 Inovasi Unggulan, Apa Saja, Simak Penjelasannya

Kedua, pemimpin sebagai satu komplek (multi sistem) aktivitas serta tindakan berpola dari peradaban masyarakat (social sistem), dan ketiga, pemimpin sebagai bentukan kepercayaan dan keyakinan masyarakat yang juga dibuat oleh masyarakat itu sendiri.

Masyarakat Sunda sebagai salah satu etnis atau suku bangsa memiliki corak kepemimpinan yang bersumber dari kebudayaan tertentu yang berbeda dengan etnis lain yang ada di Indonesia ini.

Kepemimpinan yang bersumber pada kebudayaan Sunda, yakni, pertama ; ide, gagasan, adab (norma), adat, dan aturan-aturan yang dimanifestasikan dalam kehidupan masyarakatnya. Lebih jelas lagi dapat dilihat dalam struktur dan budaya (kultur) masyarakat etnis Sunda.

Baca Juga: Majelis Rakyat Papua dan Majelis Rakyat Papua Barat Curhat kepada Presiden Jokowi, Simak Isinya

Struktur dan budaya tersebut disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungan etnis Sunda.

Pemimpin berfungsi sebagai penunjuk tujuan hidup masyarakat Sunda. Pemimpin menyelaraskan diri dengan harapan yang ingin dicapai masyarakat Sunda. Pemimpin memerlukan pandangan hidup (way of life) yang luas dan bijaksana.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Buku Adab Sunda


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x