Iran Picu Kebangrutan Israel Lebih Cepat: Hutang Meroket Dua Kali Lipat

- 18 April 2024, 08:50 WIB
Hutang publik Israel meningkat sebanyak  8,7 persen dari tahun 2023 atau 300 miliar USD disebabkan oleh inflasi dan suku bunga yang lebih tinggi dipicu oleh Perang Gaza./Freepik
Hutang publik Israel meningkat sebanyak  8,7 persen dari tahun 2023 atau 300 miliar USD disebabkan oleh inflasi dan suku bunga yang lebih tinggi dipicu oleh Perang Gaza./Freepik /

PRIANGANTIMURNEWS - Serangan Iran ke Israel telah memicu kebangkrutan negara itu lebih cepat dengan meninggalkan hutang perang yang meroket.

Hutang Israel melonjak dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Laporan itu disampaikan oleh Kementerian Keuangan Israel pada Senin, 15 April 2023.

Dalam perbandingan per tahunnya, Israel memiliki total hutang 60,5 persen pada tahun 2022. Dengan anggaran belanja perang dan terjadinya penyusutan Produk Domestik Bruto (PDB).

Baca Juga: Abaikan Resolusi Gencatan Senjata PBB, Israel Bombardir Rafah!

Total Hutang Israel naik pada tahun 2023 sebesar 16 persen dari PDB bersamaan dengan meletusnya perang di Gaza dengan Palestina.

Kementerian keuangan memperkirakan Hutang publik Israel akan terus meroket menjadi 67 persen pada tahun 2024 dipicu serangan Iran pada Sabtu, April 2024.

Hutang publik Israel yang meningkat menjadi 300 miliar US dollar (USD), sebagiannya juga dipicu oleh inflasi dan suku bunga yang tinggi.

Baca Juga: 23 Pekerja Bantuan Pangan Palestina Dibunuh Israel dalam Intensitas Serangan yang Meningkat

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa Israel telah mengumpulkan hutang sebesar 43 miliar USD tahun 2023.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: the cradle


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x