Kementerian PUPR Berencana Bangun Tol Bawah Air di Ibu Kota Baru Nusantara Kalimantan Timur

- 27 Januari 2022, 08:37 WIB
Kementerian PUPR rencananya akan membangun jalan tol bawah air. Tujuannya untuk melindungi kawasan area lindung di sekitar IKN
Kementerian PUPR rencananya akan membangun jalan tol bawah air. Tujuannya untuk melindungi kawasan area lindung di sekitar IKN /ANTARA FOTO/

PRIANGANTIMURNEWS- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR berencana untuk membangun tol bawah air di ibukota baru atau Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

"Bapak Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menginginkan bahwa teknologi yang kita pakai itu adalah teknologi yang terbaik, termasuk salah satunya adalah pemanfaatan terowongan penyeberangan bawah air atau submersible crossing," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dalam konferensi pers di Kementerian PUPR, Jakarta.

Danang mengatakan bahwa kalau dikaitkan dengan koneksi maka terowongan bawah air itu akan dikoneksikan dengan jalan tol Balikpapan-Samarinda.

Baca Juga: RAMALAN SHIO ULAR 2022, Keuangan Lancar tapi Jangan Lupa Jaga Kesehatan

"Nanti akan ada satu tempat di mana akan tersambung ke IKN dan di situlah nanti pada saat akan menyeberang sungai, maka akan menggunakan terowongan penyeberangan bawah air," katanya.

Lebih lanjut Kepala BPJT itu menjelaskan bahwa terkait dengan lokasi untuk terowongan penyeberangan bawah air yang akan tersambung dengan jalan tol tersebut, Kementerian PUPR sedang menyiapkan perencanaan teknis terincinya atau Detail Engineering Design (DED).

Baca Juga: Ramalan Shio Kelinci 2022, Keuangan Stabil dan Kesehatan yang Perlu Dijaga

Dalam kesempatan sama, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan  rencana pembangunan tol bawah air tersebut bertujuan untuk melindungi kawasan area lindung di sekitar IKN.***

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @jktinfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah