Wamendag:Hubungan Dagang dengan Malaysia Harus Dipererat

- 29 Mei 2022, 17:07 WIB
Wamendag:Hubungan Dagang Dengan Malaysia Harus Dipererat.
Wamendag:Hubungan Dagang Dengan Malaysia Harus Dipererat. /Antara

PRIANGANTIMURNEWS- Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga bertemu dengan Menteri Tenaga dan Sumber Asli Malaysia, Datuk Seri Takiyyudin bin Hassan di Kantor Kementerian Perdagangan.

Pertemuan ini dilakukan dalam rangka peningkatan hubungan dagang antara Indonesia dengan Malaysia.

"Malaysia telah lama menjadi salah satu mitra dagang utama Indonesia, tidak terkecuali untuk sektor energi. Untuk itu, hubungan dagang dengan Malaysia harus dipererat di masa yang akan datang,” ungkap Wamendag Jerry lewat keterangannya diterima di Jakarta, Minggu (29/5).

Baca Juga: SEALAMAT! Bintang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman Resmi Menikahi Sang Kekasih, Rismahani

Menurutnya, Indonesia berupaya meningkatkan ekspor batu bara ke Malaysia, namun demikian tidak lantas kebutuhan akan batu bara di Indonesia di abaikan. Kebutuhan dalam negeri tetap menjadi prioritas.

“Indonesia tentu berupaya menjaga dan meningkatkan ekspor batu bara ke Malaysia. Namun, tentu dengan mempertimbangkan kebutuhan dalam negeri yang menjadi prioritas utama,” imbuhnya.

Sementara, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menyatakan, tercatat pada tahun 2021 ekspor non migas tumbuh 52,65 % dibandingkan tahun 2020. Maka tidak heran Malaysia merupakan target untuk tujuan ekspor berbagai produk nonmigas unggulan Indonesia.

Baca Juga: Eden Hazard, Mengalungi Medali dan Mengangkat Tropi Liga Champion Tanpa Berkontribusi Dalam Pertandingan Final

“Nilai ekspor Indonesia ke Malaysia menunjukkan nilai yang menggembirakan. Pada 2021, ekspor nonmigas Indonesia tercatat sebesar 10,64 miliar dolar AS atau tumbuh 52,65 persen dibanding pada 2020,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah