19 Pasien Covid, Dipulangkan dari Rusunawa Unsil

- 28 Oktober 2020, 17:03 WIB
Salah seorang pasien yang telah sembuh siap untuk pulang ke.rumahnya
Salah seorang pasien yang telah sembuh siap untuk pulang ke.rumahnya /Sep/

PRIANGANTIMURNEWS - Sebanyak 19 pasien terkofirmasi positif Covid -19 yang di karantina di Rusunawa Unsil Kota Tasikmalaya telah diperbolehkan pulang karen telah dinyatakan sembuh, Rabu (28/10/2020).

Banyaknya pasien covid yang sembuh menandakan kasus positif covid -19 di Kota Tasikmalaya menunjukan trend positif.

Hasil pantauan di lapangan, ke-19 pasien yang sembuh tersebut diperbolehkan pulang berdasarkan hasil pemeriksaan mereka negatif Covid -19. Selanjutnya merekapun diberikan surat keterangan sehat oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Kota Tasik Titie Purwaningsari mengatakan, 19 pasien yang sembuh tersebut berasal dari berbagai kluster.

"Hari ini kita pulangkan 19 orang pasien yang sudah dinyatakan negatif covid -19. Mereka berasal dari beberapa kluster baik kluster keluarga, kluster perjalanan dan lainnya. Kalau kluster pesantren sudah pada sembuh," ujarnya.

Lebih lanjut ujar Titie, 19 orang yang telah sehat tersebut berdasarkan jenis kelamin terdiri dari laki-laki sebanyaj 6 orang dan perempuan 13 orang. Mereka semuanya dinyatakan telah pulih dan sehat setelah hasil swabnya dinyatakan negatif.

"Kita pastikan 19 orang yang pulang ini negatif semua berdasarkan hasil swab. Masih tersisa beberapa pasien lagi yang mudah mudahan dalam waktu dekat bisa sembuh dan bisa dipulangkan. Sehingga kamarpun banyak yang sudah kosong," terangnya.

Titie menjabarkan, selain dinyatakan telah sehat, mereka yang dipulangkan juga untuk menghindari hal yang mereka takuti ketika diisolasi seperti rasa jenuh karena terpisah dari keluarga, merasa terkucilkan dan lain sebagainya.

Walaupun lanjut dua, tidak ada hal yang berbahaya bagi pasien saat menjalani isolasi." Selama isolasi mereka itu hanya istirahat, makan, berdoa dan olahraga. Titie menambahkan, mereka yang diperbolehkan pulang, rata-rata sudah 14 hari diisolasi, dan diswab minimal dua kali dan hasilnya negatif. "Sekarang yang diisolasi masih ada 34 orang. Kamar kosong sebanyak 43 kamar," jelasnya.

Sementara, data di Dinas Kesehatan Kota Tasik, angka akumulatif covid -19 hingga Rabu (28/10/2020) sebanyak 413, sembuh 266, meninggal dunia 16 kasus."Kemungkinan kita bersiap pasca libur panjang dan cuti bersama. Mudah-mudahan tak terjadi penambahan pasien," kata Tietie. ***

Editor: Ahmad Ramadan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x