Acara Munggahan Menjadi Tradisi Masyarakat Sejak Lama untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan

- 22 Maret 2022, 22:01 WIB
Acara munggahan menjadi tradisi masyarakat sejak lama untuk menyambut bulan suci ramadhan.
Acara munggahan menjadi tradisi masyarakat sejak lama untuk menyambut bulan suci ramadhan. /PRITIM PRMN/ASEP NURDIN ROSIHAN ANWAR/

PRIANGANTIMURNEWS- Munggahan merupakan kegiatan makan bersama dengan keluarga, saudara, teman yang dilakukan beberapa hari sebelum melakukan puasa dibulan suci ramadhan.

Sepertinya tidak hanya di Pangandaran kebiasa munggahan dilakukan, hampir diseluruh daerah acara munggahan biasa dan rutin dilakukan, bahkan ada yang melakukannya di daerah wisata sambil berekreasi, salah satunya seperti di pantai Pangandaran. Selasa, 22 Maret 2022

Tidak ada yang tahu asal mula terjadinya munggahan, tetapi masyarakat sudah terbiasa melakukannya seperti yang dilakukan Nuryanto (40) Salah seorang warga Pangandaran, mengatakan, Dirinya tidak mengetahui asal mula munggahan dan mengaku mengikuti tradisi turun temurun.

Baca Juga: Obyek Wisata Citumang lokasi Favorit untuk Munggahan menjelang Bulan Ramadhan

"Saya juga tidak tahu asal mulanya dari mana, tapi saya rutin melakukan munggahan," ungkapnya,

Dirinya selalu mengajak seluruh anggota keluarga untuk munggahan. "Munggahannya paling makan bersama keluarga," ungkapnya.

Dirinya bersama keluarga selalu datang kesuatu tempat wisata yang ada di Pangandaran.

"Kita suka nyari tempat yang baru tapi masih daerah Pangandaran, sekalian rekreasi mengenal daerah wisata yang ada di Pangandaran," ungkapnya.

Pangandaran merupakan salah satu tempat favorit untuk melakukan munggahan.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x