Menelusuri Budaya Jalur Rempah Nusantara, Susuri 6 Titik Pelayaran Bersama KRI Dewaruci

- 24 April 2022, 07:30 WIB
peta jalur muhibah rempah di Indonesia
peta jalur muhibah rempah di Indonesia /Kemdikbud.go.id/

PRIANGANTIMURNEWS- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan menggelar Muhibah Budaya Jalur Rempah yang sebelumnya tertunda karena pandemi Covid-19.

Kegiatan ini merupakan pelayaran menggunakan kapal latih TNI Angkatan Laut, Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci, yang membawa pemuda-pemudi pilihan dari 34 provinsi dengan tujuan untuk napak tilas Jalur Rempah Nusantara. 2 April 2022.

Muhibah Budaya Jalur Rempah dimulai pada 1 Juni 2022 dan berakhir 2 Juli 2022 dengan mengarungi lintas samudra menyusuri enam titik Jalur Rempah, yaitu Surabaya, Makassar,  Baubau-Buton, Ternate-Tidore, Banda, dan Kupang.  Peserta akan disebar dalam empat titik pergantian atau pertukaran peserta, yakni Surabaya, Makassar, Ternate, dan Kupang.

Baca Juga: Xiaomi MIX Fold 2 Desain Ponsel Lipat Canggih Tipis dan Ringan

Jumlah peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah setiap koridor pelayaran sebanyak 134 orang (126 laki-laki dan 8 perempuan), yang terdiri dari awak TNI AL KRI Dewaruci (80 orang), perwakilan provinsi (42 orang), pendamping/mentor (6 orang), dan media (6 orang).

Pelayaran ditandai dengan Festival Jalur Rempah, mengangkat kekayaan alam dan budaya di masing-masing titik singgah yang dirajut dari elemen budaya berupa seni, kriya, kuliner, ramuan, wastra, dan kesejarahan.

Kegiatan dalam Festival Jalur Rempah antara lain meliputi upacara penyambutan dan pelepasan KRI Dewaruci beserta peserta yang dimeriahkan oleh atraksi seni khas daerah, kunjungan ke situs cagar budaya, diskusi dan praktik budaya, pemutaran film, penanaman serempak pohon rempah, serta jamuan makan malam bersama gubernur, walikota, dan pemangku kepentingan terkait.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aquarius Minggu 24 April 2022, Membahas Kehidupan, Keuangan, karir, dan Percintaan

Di titik Ternate-Tidore, jamuan makan malam dihadiri oleh Sultan Ternate, Tidore, Bacan, dan Jailolo.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Kemendikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x