Ingat! Jangan Menyakiti Hati Orang Lain

- 16 April 2022, 16:42 WIB
Ilustrasi menyakiti hati orang lain./Pexels
Ilustrasi menyakiti hati orang lain./Pexels /

PRIANGANTIMURNEWS- Penyakit hati atau (psychoses) adalah kelainan kepribadian yang ditandai oleh mental dalam (profound-mental), dan gangguan emosional yang mengubah individu normal menjadi tidak mampu mengatur dirinya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Dua istilah yang dapat diidentifikasikan dengan psychoses ini adalah insanity dan dementia. Insanity adalah istilah resmi yang menunjukkan bahwa seseorang itu kacau akibat dari tindakannya.

Pada saat lain istilah demensia digunakan untuk kebanyakan kelainan mental, tetapi secara umum kini diinterpretasikan sebagai sinonim dengan kekacauan mental (mental disorder) yang menyolok. Sebab mereka sering melakukan tingkah laku yang semaunya sendiri.

Baca Juga: 5 Tanda Nyata Jika Kamu Dikelilingi Orang-Orang Munafik

Allah Ta'ala melarangnya:
"Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata."(QS. Al-Ahzab : 58)

Menyakiti Hati dapat Membuat Amal Baik Sia-sia: Hd Abu Hurairah ra berkata, "Wahai Rasulullah SAW sesungguhnya si fulan gemar melakukan shalat malam dan berpuasa pada siang hari, (tetapi) ia menyakiti tetangganya dengan lisannya."

Maka Nabi bersabda : "Tidak ada kebaikan padanya, ia berada di neraka." (HR. Al-Hakim: IV/16)

Baca Juga: Update Bursa Transfer Liga 1 Indonesia, Persebaya Grecep

"Sesungguhnya umatku yang bangkrut adalah orang yang pada hari kiamat datang dengan shalat, puasa, dan zakat, tetapi ia selalu mencaci-maki, menuduh, dan makan harta orang lain serta membunuh dan menyakiti orang lain.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @ammarahmad


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x