Hari-hari yang Dikeramatkan dalam Kalender Jawa, Yuk Simak Penjelasanya!

- 15 September 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi, Buya Yahya menjelaskan terkait Malam 1 Suro yang dianggap sebagai hari keramat dalam bulan MuharraM. / Pixabay/ Pezibear
Ilustrasi, Buya Yahya menjelaskan terkait Malam 1 Suro yang dianggap sebagai hari keramat dalam bulan MuharraM. / Pixabay/ Pezibear /

PRIANGANTIMURNEWS - Masyarakat Indonesia yang lekat dengan ritual kebatinan kerap mengkeramatkan beberapa nama hari dalam kalender Jawa.

Diantaranya berkembang karena adanya mitos, namun anehnya dipercayai turun-temurun lewat ritual tertentu. Tetapi, jangan salah ada juga yang memiliki makna filosofis mendalam.

Di sejumlah tempat juga ada yang melakukan ritual khusus di hari tersebut. Ini adalah salah satu kekayaan kebudayaan Indonesia.

Baca Juga: Aneh! Sebuah Makam Keramat Menjulang di Tengah Penggusuran Lahan di Depok

Beberapa nama hari yang dikeramatkan dalam kalender Jawa

1. Jumat Kliwon

Jumat Kliwon dianggap keramat oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Banyak orang percaya bahwa malam Jumat Kliwon juga malam yang angker.

Jumat Kliwon dikeramatkan, karena merupakan puncak puasa orang zaman dahulu yang sering puasa 40 hari. Di Yogyakarta, salah satu ritual yang dilakukan pada Jumat Kliwon adalah ritual Labuhan di Pantai Parangkusumo.

2. Selasa Kliwon

Selasa Kliwon dianggap keramat oleh sebagian besar masyarakat Jawa. Bahkan, banyak yang percaya mayat orang yang meninggal di malam Selasa Kliwon harus dijaga selama 40 hari agar nggak dicuri sama orang yang sedang mencari ilmu kebatinan.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x