320 Orang Eks Anggota NII Mendeklarasikan Kembali ke NKRI

- 15 September 2023, 18:26 WIB
Dua orang eks anggota Negara Islam Indonesia mendeklarasikan lepas dari baiat NII, dan kembali ke NKRI, di Makodam III Siliwangi, Bandung. /antara
Dua orang eks anggota Negara Islam Indonesia mendeklarasikan lepas dari baiat NII, dan kembali ke NKRI, di Makodam III Siliwangi, Bandung. /antara /

PRIANGANTIMURNEWS - Sebanyak 320 orang eks anggota Negara Islam Indonesia (NII) Jawa Barat dan Banten membacakan Deklarasi Kebangsaan sebagai bentuk ikrar kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), di Markas Kodam III/Siliwangi, Bandung, Jawa Barat.

Pengucapan janji dilakukan pada Kamis 14 September 2023
tersebut disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus.

Diwakili dua mantan anggota NII mendeklarasikan, Kami para mantan anggota Negara Islam Indonesia wilayah provinsi Jawa Barat dan Banten dengan ini menyatakan:

Baca Juga: Tobat! Cabut Baiat, 121 Mantan Anggota NII Anak Buah Panji Gumilang Ucapkan Sumpah Setia NKRI

Satu. Keluar dari keanggotaan baiat negara islam Indonesia.

Dua. Setia, patuh dan taat kepada Pemerintah Negara Kesatuan Negara Republik Indonesia, tidak akan merongrong kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, ucap mereka.

Tiga. Akan berperan aktif dalam menjalankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Setelah para mantan anggota NII Jawa Barat tersebut menandatangani pencabutan baiat NII, kemudian dilanjutkan dengan prosesi penyematan Pin Merah Putih kepada perwakilan bekas anggota NII oleh Kasad didampingi Ketua Umum (Ketum) Persit KCK Ny. Rahma Dudung Abdurachman, Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar.

Baca Juga: Heboh, Densus 88 Sebut Ponpes Al Zaytun ada Keterkaitan Jaringan Teror NII KW 9

Dalam kesempatan itu Jenderal Dudung juga dinobatkan sebagai Bapak Asuh Kebangsaan oleh Pj. Gubernur Jawa Barat dan Pj. Gubernur Banten, yang ditandai dengan pemasangan syal Merah Putih kepada pucuk pimpinan TNI AD.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x