Heboh, Densus 88 Sebut Ponpes Al Zaytun ada Keterkaitan Jaringan Teror NII KW 9

- 22 Juni 2023, 18:18 WIB
GP Ansor ingin pemerintah bertindak tegas, jika temuan MUI terkait Al Zaytun yang terindikasi NII adalah benar
GP Ansor ingin pemerintah bertindak tegas, jika temuan MUI terkait Al Zaytun yang terindikasi NII adalah benar /Tangkap layar laman Ma'had Al-Zaytun

PRIANGANTIMURNEWS - Densus 88 Anti Teror baru-baru ini mengukapkan fakta mengejutkan tentang Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun.

Disebutnya, ponpes Al Zaytun memiliki keterkaitan dan relasi yang kuat dengan Negara Islam Indonesia Komandemen Wilayah 9 (NII KW 9).

AKBP Budi Novijanto Kasubdit Kontra Radikal Densus 88 Anti Teror Polri mengatakan, dari penelitian dan pengakuan eks NII KW 9, ditemukan adanya hubungan Al Zaytun dengan NII KW 9. Ia juga menyebut figur Panji Gumilang sebagai pimpinan Al Zaytun adalah pimpinan NII KW 9.

Baca Juga: Meledak! Gaji PNS Diperkirakan Akan Naik 10 Kali Lipat Tahun Ini, Simak Penjelasan Menteri Keuangan!

AKBP Budi Novijanto menjelaskan dalam ajaran yang dipraktikkan NII KW 9 ini di antaranya, memobilisasi dana dengan mengatasnamakan ajaran Islam yang diselewengkan.

Selain itu pada ajaran NII KW 9 juga ditemukan adanya penafsiran ayat-ayat Alquran yang menyimpang serta paham takfiri atau menghukumi kafir kelompok-kelompok yang ada di luar NII KW 9.

Budi menambahkan, NII pernah dipimpin Abdullah Sungkar pada tahun 1993 yang kemudian membentuk Jamaah Islamiyah (JI). Lalu belakangan JI justru membangun afiliasi internasional dengan organisasi militan yang memiliki tujuan global.

Baca Juga: Tak Bisa Mengelak Lagi! Perselingkuhan Syahnaz Dibongkar oleh Istri Rendy Kjaernett

Langkah JI tersebut menurut Budi sedikit berbeda dengan NII yang masih kukuh dengan tujuannya pada tingkat nasional.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x