Dinilai Menyimpang, MUI Minta Polisi Segera Proses Panji Gumilang Terkait Ponpes Al-Zaytun

- 22 Juni 2023, 10:40 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal MUI (Majelis Ulama Indonesia) Ikhsan Abdullah di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Jakarta, Rabu 21 Juni 2023./ ANTARA/Narda Margaretha Sinambela
Wakil Sekretaris Jenderal MUI (Majelis Ulama Indonesia) Ikhsan Abdullah di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Jakarta, Rabu 21 Juni 2023./ ANTARA/Narda Margaretha Sinambela /

PRIANGANTIMURNEWS - Dinilai menyimpang Majelis Ulama Indonesia (MUI)  meminta polisi memproses kasus dugaan penghinaan terhadap agama oleh pengasuh Pondok Pesantren Al-Zaytun Panji Gumilang.

Demikian disampaikan Wakil Sekretaris JenderalI khsan Abdullah menyikapi kasus dugaan penyimpangan yang terjadi di Ponpes Al Zaytun Indramayu Jawa Barat.

"K​​​​​alau pidana, bukan hanya menyimpang, dia melakukan tindak pidana membuat keresahan, melakukan penghinaan terhadap agama, penodaan agama, dan lain-lain," ujar Ikhsan usai rapat tertutup bersama Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan Agung, Mabes Polri, dan Badan Intelijen Negara di Ruang Sembrodo Lantai VI Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu 21 Juni 2023.

Baca Juga: Rangkuman Kontroversi Panji Gumilang dan Ponpes Al Zaytun yang Dicap MUI Sesat

Meski begitu, Ikhsan berharap agar Ponpes Al-Zaytun tidak ditutup, tetapi dilakukan pergantian pengurus. Hal ini menyangkut nasib banyak orang yang ada di ponpes tersebut.

"Ya, tetap berlanjut dan pendidikannya nanti dibina oleh Kementerian Agama bersama MUI," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi meminta pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun untuk terbuka serta kooperatif dalam melakukan komunikasi dan dialog dengan ormas Islam demi meluruskan informasi yang berkembang.

Baca Juga: Calon Jamaah Haji Dilarang Bawa Jimat, MUI Imbau Fokus Ibadah

"Agar semuanya menjadi terang dan tidak ada fitnah atau dugaan yang menyimpang," ujar Zainut di Jakarta, Rabu.

Adapun Pesantren Al Zaytun mendapat sorotan publik seiring dengan pernyataan yang disampaikan pengasuhnya, Panji Gumilang, dan sejumlah isu lainnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x