1.500 Warga Baduy Geruduk Kantor Pemkab Lebak Banten Untuk Menggelar Upacara Seba

- 5 Mei 2024, 06:23 WIB
Masyarakat Baduy memadati Kantor Setda Kabupaten Lebak untuk mengikuti upacara tradisi Seba dengan menyerahkan hasil pertanian ladang ke Kepala Daerah dan Forpimda/ANTARA/Mansur
Masyarakat Baduy memadati Kantor Setda Kabupaten Lebak untuk mengikuti upacara tradisi Seba dengan menyerahkan hasil pertanian ladang ke Kepala Daerah dan Forpimda/ANTARA/Mansur /

PRIANGANTIMURNEWS - Sebanyak 1.500 penduduk dari Baduy Dalam serta Baduy Luar bersiap-siap menyerbu Kantor Sekretariat Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten, guna menghiasi upacara meriah Seba, setelah menapaki perjalanan panjang ritual kawalu selama 3 bulan.

"Upacara Seba akan dihelat mulai tanggal 16 hingga 19 Mei 2024,"ucap Imam Risma hayadin, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, di Rangkasbitung, Lebak, pada hari Sabtu 4 Mei 2024.

Pihak pemerintah dari Kabupaten Lebak telah menyiapkan beragam kegiatan untuk memeriahkan pesta Seba tersebut.

Baca Juga: Warga Adat Baduy Razia Barang Modern, Handphone, Motor, hingga Toilet Ikut Dimusnahkan

Sekitar 1.500 orang, terdiri dari komunitas Baduy Dalam dengan Baduy Luar, bakal meramaikan panggung upacara Seba tahun 2024.

Ajang pesta Seba Baduy akan digelar di lapangan depan Kantor Sekretariat Pemerintah Kabupaten Lebak, tepatnya di kawasan Alun-alun Multatuli Rangkasbitung, dengan mengusung tema 'The Legacy Of Baduy' (warisan dari masyarakat Baduy).

Bagi pengunjung, baik dari dalam negeri maupun mancanegara, berkesempatan menyaksikan upacara Seba ini secara langsung.

Baca Juga: Presiden Pakai Baju Adat Baduy-Banten dalam Sidang MPR HUT RI ke-76, Ini Penjelasan Kantor Staf Presiden

Upacara Seba tidak hanya sebagai ungkapan rasa syukur dari hasil panen yang melimpah dalam setahun, tetapi juga sebagai ungkapan rasa aman dan damai.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah