WAJIB TAHU! Warna Darah Menstruasi Ternyata Ungkap Detail Kesehatan Perempuan

- 4 April 2022, 03:55 WIB
 Ilustrasi Darah Menstruasi / Pexels
 Ilustrasi Darah Menstruasi / Pexels /

PRIANGANTIMURNEWS - Menstruasi merupakan keluarnya darah dari dalam uterus, yang diakibatkan oleh terlepasnya lapisan dinding rahim disertai pelepasan endometrium dan terjadi setiap bulan.

Menstruasi ini dinilai berdasarkan 3 hal, pertama siklus haid yaitu berkisar 21-35 hari, kedua lama haid yaitu tidak lebih dari 15 hari, ketiga jumlah darah 20-80 ml.

Menstruasi atau haid adalah perdarahan secara periodik dan siklik dari uterus, disertai pelepasan (deskuamasi) endometrium.

Baca Juga: Sepuluh Hal yang Bisa Membatalkan Puasa, Simak Baik-baik!

Proses terjadinya menstruasi ini terjadi melalui empat tahap yaitu fase menstruasi, fase ploriferasi, fase luteal atau sekresi, dan fase iskemik.

Seperti dilansir priangantimurnews.com dari Instagram @okesehat, berikut ini darah menstruasi ungkap detail kesehatan perempuan.

1. Merah Muda
Jika pada saat haid, warna darahmu ini berwarna merah muda, artinya dalam ilmu kedokteran, kamu sedang mengalami anemia atau kekurangan darah.

Namun jika kamu dalam masa subur dan sudah menikah, bisa jadi ini adalah tanda kehamilan muda.

Baca Juga: Penampakan Brian Edgar Nababan saat Ditangkap di Bali, Sudah Bawa Koper

2. Merah Terang
Merah terang seperti warna merah cranberi, maka artinya kamu dalam keadaan yang sehat. Dinding rahimmu melebur dalam kecepatan yang normal dan setelah haidmu habis, tidak ada darah yang tersisa di dalam rahimmu.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @oksehat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah