5 Penyebab Kelopak Mata Hitam yang Mengganggu Penampilan

- 23 April 2022, 04:15 WIB
kelopak mata hitam
kelopak mata hitam /orami

PRIANGANTIMURNEWS- Memiliki kelopak mata hitam akan sangat mengganggu penampilan. Kelopak mata yang berwarna hitam ini bisa dijadikan sebagai pertanda, bahwa kulit di area mata mengalami tanda-tanda penuaan dini. Kelopak mata hitam seringkali disebut dengan istilah mata panda.

Penyebab kelopak mata hitam ada beberapa macam. Selain mengganggu penampilan, mata panda ini bisa menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri. Kondisi ini bisa dialami perempuan maupun laki-laki seiring bertambahnya usia.

Tak perlu khawatir jika memiliki kelopak mata hitam. Karena kondisi ini dapat diatasi dengan beberapa cara yang mudah. Salah satunya adalah rajin menggunakan eye cream. Berikut penyebab kelopak mata hitam yang mengganggu penampilan:

Baca Juga: 10 Artis Korea yang Tidak Pernah Operasi Plastik

1. Reaksi Alergi
Memiliki suatu alergi tertentu, maka reaksi alergi ini bisa menyebabkan kelopak mata hitam. Karena tubuh akan melepaskan histamin. Hal ini menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih tebal. Sehingga pada area kelopak mata akan terlihat lebih menggelap daripada biasanya.

2. Faktor Keturunan
Faktor keturunan sangat berpengaruh terhadap kondisi kelopak mata. Keturunan yang memiliki kulit sawo matang, biasanya akan memiliki kelopak mata yang warnanya lebih gelap. Kondisi ini sangat wajar dan bukanlah gejala suatu masalah kulit.

3. Faktor Usia
Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan di sekitar mata akan melemah. Sehingga lemak dan cairan di sekitar mata akan berkumpul dan membentuk kantong mata yang membengkak. Kantong mata yang bengkak ini akan membuat area kelopak mata terlihat lebih hitam menggelap.

Baca Juga: Pengendalian Covid-19 Saat Liburan Hari Raya Idul Fitri 2022, Dinkes Pangandaran Kerahkan 422 Nakes

4. Peredaran Darah Tidak Lancar
Lemahnya jaringan otot di sekitar mata membuat penumpukan cairan dan peredaran darah menjadi tidak lancar. Kondisi ini bisa membuat kantong mata mengendur dan kelopak mata terlihat hitam. Bahkan jika sering menangis dan mengonsumsi garam, kondisi ini akan terlihat menjadi lebih parah.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Orami Magazine


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah