4 Keutamaan Shalat Tahajud, Salah Satunya akan Dikabulkan Doa doanya

- 20 Desember 2021, 07:55 WIB
Jadwal Shalat.
Jadwal Shalat. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS - Shalat tahajud atau yang dikenal juga sebagai shalat malam, merupakan salah satu shalat sunnah muakkad yang dikerjakan pada malam hari.

Biasanya sholat ini dikerjakan ketika memasuki sepertiga malam setelah seseorang tertidur sebelumnya. Meskipun hanya termasuk pada shalat sunnah, namun banyak sekali keutamaan sholat tahajud.

Disebut sebagai shalat sunah paling istimewa karena di dalam Al Quran pun terdapat anjuran untuk melaksanakan shalat ini.
“Bangunlah pada malam hari (untuk shalat) kecuali sedikit (daripadanya).” (QS. Al Muzzammil: 2)

Baca Juga: 4 Menu Makanan yang Banyak Dibicarakan Sepanjang 2021, Ada BTS Meal

Meskipun dari segi penjelasan anjuran ini mengacu pada perintah Allah yang ditujukan untuk Rosulullah SAW, namun ini juga berlaku bagi umat Muslim.

Pasalnya, apa yang dilakukan oleh Rosulullah SAW merupakan hal yang sebaiknya dilakukan juga oleh umat Islam karena merupakan sunnah.

Hal pertama yang perlu diketahui sebelum melaksanakan shalat tahajud, tentunya mengetahui terlebih dahulu kapan baiknya shalat ini dilakukan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Gemini Minggu Ini: Karier, Keuangan, Kesehatan dan Cinta

Pada dasarnya, shalat tahajud ini dilaksanakan pada seperempat malam sesudah kita melaksanakan tidur terlebih dahulu. Pembagian waktu malam dibagi kepada 3 bagian:

Awal malam yakni selepas isya sampai pukul 22.00, tengah malam yakni dari pukul 22.00 sampai pukul 01.00 dinihari, serta sepertiga malam yakni pukul 01.00 dini hari sampai sebelum masuk waktu shalat shubuh. Ini sesuai dengan salah satu hadits:

Rabb kami – Tabaroka wa ta’ala – akan turun setiap malamnya ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lalu Allah berfirman, “Siapa yang memanjatkan do’a padaKu, maka Aku akan mengabulkannya. Siapa yang meminta ampun kepadaKu, Aku akan memberikan ampunan untuknya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Halaman:

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah