3 Keutamaan Puasa Ramadhan dan Niat Puasa Bulan Ramadhan untuk 1 Bulan penuh dan unruk Niat Harian

- 30 Maret 2022, 23:00 WIB
ilustrasi Puasa.
ilustrasi Puasa. /Pixabay

PRIANGANTIMURNEWS - Bulan Ramadhan dalam perhitungan kalender Hijriah merupakan bulan ke-9.

Pada bulan ini umat Muslim yang sudah baligh, mampu, sehat dan bukan dalam dalam keadaan bepergian jauh (jarak 82 km), wajib untuk melakukan puasa selama satu bulan penuh. 30 Maret 2022.

Menurut Syekh Hasan bin Ahmad al-Kaff, alasan penamaan ‘Ramadhan’ pada bulan ini karena dulu saat penamaannya bertepatan dengan cuaca yang sangat panas.

‘Ramadhan’ sendiri berasal dari kata (al-ramdhâ’) yang artinya sangat panas.

Ada juga yang mengatakan, kata ‘panas’ itu diidentikkan dengan pembakaran (pengampunan) dosa, karena ampunan Allah terbuka lebar pada bulan tersebut.

(Hasan al-Kaff, Al-Taqrîrât al-Sadîdah, h. 433) Dalil Puasa Ramadhan Terkait dalil kewajiban berpuasa, sudah Allah swt tegaskan dalam firman-Nya, Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah [2]: 183).

Baca Juga: 5 Makanan Yang Bagus Dikonsumsi Setiap Hari, dr. Zaidul Akbar: Agar Tubuh Sehat dan Tidak Mudah Sakit

Rasulullah juga bersabda, Artinya: “Islam dibangun di atas lima perkara: (1) bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah; (2) menunaikan shalat; (3) menunaikan zakat; (4) menunaikan haji ke Baitullah; dan (5) berpuasa Ramadhan” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Keutamaan Puasa Ramadhan Sebagai bulan paling mulia, melakukan puasa Ramadhan pada bulan itu memiliki banyak sekali keutamaan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: NU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x