Resmi, Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1445 H Jatuh Pada 10 April 2024

- 9 April 2024, 21:00 WIB
 Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers penetapan Hari Raya Idul Fitri. /YouTube Kemenag RI
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers penetapan Hari Raya Idul Fitri. /YouTube Kemenag RI /

 PRIANGANTIMUR NEWS - Sesuai hasil keputusan sidang isbat yang dilaksanakan Kementerian Agama (Kemenag) Selasa petang 10 April 2024,  Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Sidang isbat dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas ini berlangsung di Kantor Kemenag ini pada Selasa (9/4) sore. Acara ini juga dihadiri pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, Dirjen Bimas Islam dan perwakilan ormas Islam lainnya.

"Disepakati bahwa 1 Syawal Tahun 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024 M," ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers penetapan Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: 11 Jenazah Korban Kecelakaan Maut di Tol Japek Sudah Teridentifikasi

Menurut Yaqut, penentuan Hari Raya Idulfitri 2024 menggunakan dua metode di antaranya hisab dan rukyat. Metode tersebut digunakan pemerintah dan juga ormas Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU).

Dia menambahkan, Kementerian Agama menggunakan gabungan antara metode hisab dan rukyat dengan mengacu pada kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) yang kemudian ditetapkan melalui sidang isbat.***

 

 

 

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x