Inilah Rukun Sholat yang Wajib Diketahui Umat Islam

- 18 Januari 2023, 18:01 WIB
 Inilah Rukun Sholat yang Wajib Diketahui Umat Islam
Inilah Rukun Sholat yang Wajib Diketahui Umat Islam /Freepik

PRIANGANTIMURNEWS- Rukun sholat wajib perlu disimak secara seksama oleh setiap Muslim di seluruh dunia dalam menjalankan ibadah wajibnya sehari lima waktu.

Rukun sendiri merupakan suatu hal yang perlu dipenuhi untuk sahnya suatu pekerjaan, sementara syarat adalah ketentuan yang harus diindahkan dan dilakukan.

Apabila meninggalkan rukun sholat secara sengaja, maka sholatnya akan batal. Namun, jika meninggalkan rukun sholat karena lupa, maka dia harus kembali ke posisi rukun sholat yang terlupa tersebut.

Baca Juga: Klarifikasi Ibu Norma Risma: Saya Sedang Ibadah di Kamar!

Berikut adalah rukun Sholat yang wajib diketahui oleh umat islam diseluruh dunia:

1. Niat Sholat
Niat sholat karena Allah, dI dalam hati sebagaimana dalam Hadits Riwayat Imaam Al Bukhori dari Sahabat ‘Umar bin Khaththab عنه هللا رضي , “Sesungguhnya seluruh amalan itu (hendaknya) dibarengi oleh niat dan sesungguhnya setiap orang berhak mendapat dari apa yang diniatkannya.

2. Takbiratul Ihram
Pembuka shalat adalah thaharah (bersuci). Yang mengharamkan dari hal-hal di luar shalat adalah ucapan takbir. Sedangkan yang menghalalkannya kembali adalah ucapan salam.

Baca Juga: KOCAK! Pembalap MotoGP Monster Energy Yamaha Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo Main Lato-lato

3. Berdiri Bagi yang Mampu
Mengacu hadits al-Bukhari yang artinya, Shalatlah dengan cara berdiri, bila tak mampu, maka boleh duduk. Bila tidak mampu juga, boleh sambil tidur miring’. Ada tambahan dalam riwayat an-Nasa’i, ‘jika masih tidak mampu, boleh dengan terlentang, Allah tidak membebani seseorang di luar kemampuannya’.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x